Sambutan Bapak Konsul Jenderal RI-Penang Pada Peringatan Hari Raya Idul Fitri 1430 H : "Berpuasa, berdo’a, bekerja dan bersilaturami"

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 20 September 2009 bertempat di halaman Wisma Indonesia Penang, telah diselenggarakan Shalat Idul Fitri 1430 Hijriah. Bertindak selaku Imam Shalat dan Khatib Ustadz Maulana P. Siregar dari Jakarta. Shalat Idul Fitri 1430 Hijriah dimulai pada pukul 09.00 pagi waktu setempat dihadiri oleh sekitar 600 orang masyarakat Indonesia yang tinggal di Pulau Pinang dan sekitarnya.
 
Sebelum acara Shalat Ied dimulai, PAZIS KJRI Penang mengumumkan penerimaan Zakat FItrah yang terkumpul dari Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia (Forkommi), Taman Sembilang, Taman Pelangi, Taman Limau Manis, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) wilayah Penang dan KJRI Penang sebanyak RM 7.122,00 (Tujuh Ribu Seratus Dua Puluh Dua Ringgit Malaysia). Zakat Fitrah tersebut disalurkan kepada yang berhak menerimanya dengan rincian sebagai berikut :
  1. Pengiriman Zakat kepada Panitia Zakat di desa Nganjuk sebesar RM 294,00 (Dua Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ringgit Malaysia)
  2. Pengiriman Zakat kepada perorangan (WNI) di Kedah sebesar RM 200,00 (Dua Ratus Ringgit Malaysia)
  3. Pengiriman Zakat yang disampaikan melalui KORPRI Deplu sebesar RM 1.000 (Seribu Ringgit Malaysia)
  4. Pembagian Zakat kepada TKI/TKW di Shelter, Anak-anak Yatim, Janda dan Satpam KJRI sebanyak 93 orang (sebanyak RM 5.582,00/ Lima Ribu SembilanRatus Dua Puluh Dua Ringgit Malaysia)
  5. Sumbangan Idul Fitri 1430 Hijriah kepada TKI/TKW yang non Islam.
     


Konsul Jenderal RI Penang dalam sambutannya menyambut Idul Fitri 1430 Hijriah antara lain kita telah berhasil melaksanakan puasa ramadhan sebulan penuh, maka jadikanlah amalan puasa ini untuk pelaksanaan kehidupan sehari-hari di luar bulan ramadhan. Banyak hal yang dapat kita pelajari selama bulan puasa yaitu mulai dari sahur di malam hari sampai berbuka puasa disore hari, dan sampai sahur kembali, dan seterusnya. Berpuasa, berdo’a, bekerja dan bersilaturrahmi. Tunjukan perilaku Indonesia yang islami di tempat bekerja dan di lingkungan tempat tinggal dengan orang-orang tempatan.

 
Selain itu, Konsul Jenderal RI Penang juga menghimbau agar masyarakat Indonesia di wilayah KJRI Penang ikut prihatin atas musibah gempa bumi yang melanda saudara-saudara kita di Indonesia pada akhir-akhir ini antara lain gempa bumi di Jawa Barat, Bali, Jakarta dab Jogjakarta. Kirannya saudara-saudara yang tinggal disini atau yang bekerja di Penang ini dapat mengulurkan bantuannya untuk menolong saudara-saudara yang terkena musibah tersebut.
 
Selesai acara Shalat Idul Fitri 1430 Hijriah dilanjutkan dengan acara Halal Bil Halal yang merupakan tradisi yang dilakukan setelah selesainya puasa dan shalat ied. Pada kesempatan itu Konsul Jenderal RI Penang dan ibu Evy S. Moenir berkenan menerima ucapan Selamat Hari Raya Idul Firti 1430 Hijriah dari masyarakat Indonesia.
 
Sementara itu, Kotak Amal yang diedarkan oleh PAZIS KJRI Penang terkumpul uang sebesar RM 1.281,38 (Seribu Dua Ratus Delapan Puluh Satu Ringgit Malaysia Tiga Puluh Delapan Sen). Rencananya uang sumbangan masyarakat Indonesia tersebut akan disalurkan kepada Panitia Korban Bencana Alam di Jakarta, sebagai salah satu bentukkepedulian dari masyarakat muslim Indonesia atas musibah yang dialami oleh saudara-saudara di Indonesia.