Rangkaian Ceramah agama Bulan Ramadhan 1430 H di Penang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dengan tujuan pembinaan masyarakat, khususnya kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) di wilayah krja KJRI Penang, pada tanggal 18 Sepetember 2009 bertempat di Masjid Taman Pelangi, Seberang Prei, Penang, telah diselenggarakan acara ceramah Islam oleh Ustadz Maulana P. Siregar dari Jakarta.

 

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan ramadhan yang diselenggarakan oleh KJRI Penang. Acara diawali dengan berbuka puasa bersama, sholat magrib bersama, shalat isya bersama, dan shalat taraweh bersama, kemudian dilanjutkan dengan acara ceramah.

 

Dalam ceramah yang mengambil tema “Mengamalkan Al-qur’an dan Meningkatkan Kualitas Keimanan” dihadiri oleh sekitar 200 orang masyarakat Indonesia yang tinggal di kawasan tersebut.

 

Pada intinya Usdtadz Maulana mengajak kepada masyarakat muslim Indonesia untuk mengamalkan Al-Qur’an sebagai pegangan hidup dalam kehidupan sehari-hari ; meningkatkan kualitas keimanan sebagai modal insan ; dan pelaksaan kehidupan beragama khususnya kepribadian Indonesia yang islami yang mencerminkan akhlak mulia yang diimplementasikan di masyarakat tempatan (Malaysia) karena TKI adalah duta-duta bangsa, maka tingkah laku dan kepribadiannya harus mencerminkan kepribadian Indonesia.

 

Ketua pengurus Mesjid Taman Pelangi, encik Mohammada Karim menyampaikan terima kasihnya kepada Konsulat Jenderal Republik Indonesia Penang yang telah menyelenggarakan acara ceramah agama Islam bagi jemaah Masjid Taman pelangi Khususnya bagi jamaah Islam dari Indonesia. Pengurus Masjid menyebutkan di Masjid Taman Pelangi tersebut yang bershalat tidak hanya dari Indonesia saja, tetapi juga banyak dari pekerja-pekerja Bangladesh, Myanmar, Nepal, Vietnam dan masyarakat tempatan (Malaysia), namun yang jumlahnya cukup besar yang shalat selama bulan puasa ini adalah dari jamaah Indonesia.

 

Sementara itu, menurut Saudara Kasbi (wakil pengurus masyarakat Indonesia di Taman Pelangi) jumlah masyarakat Indonesia yang tinggal di kawasan Taman Pelangi sebanyak kurang lebih 5.000 orang yang terdiri dari berbagai suku di Indonesia. Pada acara ini banyak dari mereka tidak dapat hadir karena masih bekerja.

 

Pada tanggal 19 September 2009 bertempat di Aula KJRI Penang juga diselenggarakan acara ceramah agama Islam yang di Khususkan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI/TKW) Yang bermasalah yang jumlahnya sebanyak 86 orang, tetapi yang hadir pada acara ceramah tersebut hanya 76 orang saja khusus bagi yang beragama Islam.

 

Acara ceramah tersebut merupakan rangkaian kegiatan ramadhan yang diselenggarakan KJRI Penang. Acara diawali dengan berbuka puasa bersama, sholat magrib bersama, shalat isya bersama, dan bertakbiran bersama kemudiian dilanjutkan dengan acara ceramah.

 

Ustadz Maulana mengajak kepada TKI/TKW yang bermasalah agar berlaku sabar didalam menghadapi kehidupan yang pahit ini di negeri orang. Bahwa di dalam mencari perubahan untuk kehidupan yang lebih baik tidak selamanya berjalan mulus. Karena itu, bila telah kembali ke Indonesia agar jangan terpancing pada rayuan-rayuan agensi yang menawarkan gaji besar untuk bekerja di Negara orang.

 

Pada akhir ceramah, Ustadz Maulana mengajak agar para TKW di shelter meluangkan waktunya untuk selalu berdo’a kepada ALLAH SWT agar permaalahan yang dihadapi saat ini dapat segera selesai, dan cepat kembali ke Indonesia. Jadikan pengalaman kehidupan di shelter KJRI ini sebagai guru yang baik untuk menempuh kehidupan yang lebih baik setelah kembali ke Indonesia.