PENANG – SUMATERA UTARA JAJAKI KERJASAMA CRUISE

Dalam rangka membantu penciptaan nilai manfaat ekonomi dan pembangunan dan mendukung pengembangan infrastruktur poros maritime, serta untuk meningkatkan kerjasama ekonomi antara Malaysia dan Indonesia di bidang perhubungan / konektifitas laut, KJRI Penang dan PT. Pelindo I Belawan telah memfasilitasi kunjungan delegasi Penang Port dan Pemilik Cruise ke Medan, Sumatera Utara pada tanggal 19-21 Januari 2017.

Beberapa agenda utama kunjungan tersebut antara lain pertemuan Penang Port dan Pemilik Kapal dengan manajemen PT. Pelindo I, Kunjungan ke Terminal Passenger Pelabuhan Belawan dan Pertemuan dengan para stake holders terkait. Penang Port dan pemilik kapal memandang bahwa kedalaman pelabuhan dan fasilitas yang ada serta fasilitas terminal passenger sudah memadai dan siap menerima Cruise Leisure World yang mempunyai panjang 161 meter.

Penang Port menyampaikan pengalamannya mengelola pelabuhan Cruise dan menjelaskan dampak ekonomi yang signifikan dengan masuknya Cruise ke Penang. Wisata Cruise sudah menjadi tren wisata saat ini dan ke depan diperkirakan akans semakin berkembang. Wisata Cruise juga sangat cocok dengan kebiasaan orang Asia yang comfortable dengan durasi liburan sekitar 5 hari.

Pertemuan dengan PT.Pelindo dan instansi terkait lainnya juga dilakukan untuk membahas opsi destinasi/produk wisata untuk Cruise yang berlabuh di Belawan selama sekitar 10 jam, termasuk opsi wisata di Tengah Kota Medan dengan menggunakan kereta dari Belawan. Bahasan lainnya adalah aspek legal dan komersial yang segera akan ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait di Sumatera Utara maupun di Penang, Malaysia.