Kemeriahan Peringatan HUT RI 2009 di Penang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke 64, Konsulat Jenderal RI Penang telah mengadakan rangkaian kegiatan sejak 20 Juni sampai dengan tanggal 19 Agustus 2009, antara lain ; Pertandingan Olah raga, Hiking, Kunjungan Sosial, Upacara Bendera serta Malam Resepsi.
 
Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air masyarakat Indonesia yang berdomisili di wilayah KJRI Penang yang meliputi Negara Bagian Penang, Kedah dan Perlis.
 
Adapun rangkaian kegiatan tersebut meliputi :
  1. Pertandingan Olah Raga
    Pertandingan Olah Raga dan perlombaan yang diselenggarakan oleh KJRI adalah, Badminton, Ping Pong, Bola Volley dan Gaple.

    Sebagai awal dari mulainya rangkaian kegiatan dalam rangka HUT RI ke-64 adalah pertandingan Badminton pada tanggal 20 dan 21 Juni 2009 yang diikuti oleh WNI/TKI/TKW dari seluruh wilayah kerja KJRI yang meliputi Penang, Kedah dan Perlis yang dibuka secara resmi oleh konjen RI bapak Moenir Ari Soenanda.
  2. HIKING
    Salah satu kegiatan yang mendapat respons paling besar dikalangan masyarakat Indonesia di Penang, kedah dan Perlis adalah Hiking ke Bukit Bendera. Kegiatan pendakian Bukit Bendera dengan ketinggian 830 meter (2.750 kaki) dari permukaan laut, memakan waktu 3-4 jam melalui jalan beraspal mendaki.

    Peserta Hiking ke Bukit Bendera dari tahun ketahu mengalami peningkatan, pada tahun 2009 ini, peserta mencapai lebih dari 1.500 orang.

    Setiba di puncak Bukit bendera seluruh peserta berkumpul dan bersilaturrahim, makan, minum, bergembira bersama, diiringi musik dang dut yang menambah keakraban, persaudaraan, kesatuan dan persatuan diantara sesama bangsa Indonesia.
  3. Kunjungan Sosial.
    KJRI Penang telah mengadakan kunjungan sosial ke beberapa penjara-penjara yang berada di Penang maupun di Kedah.

    Kegiatan termaksud adalah sebagai perwujudan nyata rasa kepedulian dan tanggung jawab KJRI dalam memberikan pembinaan, perlindungan dan pengayoman terhadap WNI yang berada diwilayah kerja, termasuk kepada mereka yang saat ini berada didalam berbagai penjara.

    Kunjungan ke-4 dibagi dalam 4 kelompok pada dua hari yang berbeda, yaitu :
    Senin, tanggal 10 Agustus 2009 ke penjara Alor Star dan Pokok Sena.
    Rabu, tanggal 12 Agustus 2009 ke Penjara Sungai Petani dan P.Pinang.

    Diharapkan dalam kunjungan tersebut selain untuk pembinaan, perlindungan dan pengayoman dapat juga menggugah semangat nasionalisme, percaya diri dan semangat untuk hidup lebih baik.

    Dengan seizin pihak penjara, lagu INDONESIA RAYA berkumandang di setiap Penjara yang dikunjungi, dinyanyikan oleh para tahanan dengan penuh semangat dan rasa haru bahkan banyak diantara mereka yang meneteskan air mata sambil menyanyikan lagu INDONESIA RAYA. Acara diakhiri dengan pemberian bingkisan dari KJRI kepada setiap tahanan.
  4. Upacara Bendera
    Upacara penaikan Bendera dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2009 dihalaman Wisma Konsul Penang yang dihadiri oleh sekitar 1,400 WNI, masyarakat Indonesia dari Penang, Kedah dan Perlis.

    Bertindak sebagai Pembina Upacara Konjen RI Penang, Bapak Moenir Ari Soenanda. Komandan Upacara Letnan Kolonel Penerbang M.J. Hanafie. Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) terdiri dari campuran antara mahasiswa dan anak-anak Staf KJRI Penang. Setelah selesai acara Penaikan Bendera dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng diserahkan dari Konjen RI Penang kepada pegawai Setempat yang terlama telah bekerja di Konsulat Jenderal RI Penang.

    Sore hari dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera di halaman Wisma Konsul Jenderal yang dihadiri oleh sebagian masyarakat Indonesia dari Penang, Kedah dan Perlis dan puluhan anggota DPR Aceh yang sedang mengadakan lawatan ke Penang. Bertindak sebagai Pembina Upacara Bapak Moenir Ari Soenanda. Komandan Upacara Sersan Kepala M. Rohman.

    Setelah selesai penurunan Bendera kemudian acara dilanjutkan dengan pertemuan masyarakat Indonesia dengan DPR Aceh.
  5. Resepsi
    Dalam upaya meningkatkan koordinasi dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini, pda tanggal 19 Agustus 2009 telah diselenggarakan RESEPSI bertempat di Hotel EVERGREEN LAUREL. Resepsi dihadiri oleh Ketua Menteri Penang MR. LIM GUANG ENG dan sekitar 250 orang undangan lainnya yang terdiri dari para Pejabat Pemerintah, Swasta, Pengusaha, Konsul-konsul Jenderal dan Konsul-konsul Kehormatan. LSM dan Media Massa.

    Pada kesempatan tersebut digunakan juga sebagai sarana Promosi pariwisata dan budaya Indonesia dengan menampilkan tarian, nyanyian dan makanan dari Indonesia.