Dirgahayu RI ke 63 di Penang Malaysia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Georgetown: 17 Agustus 2008, Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 63 tahun diselenggarakan di Wisma Indonesia Penang Malaysia.
 
Upacara Pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI ini dipimpin oleh Inspektur Upacara Bapak Moenir Arie Soenanda, SH. Selaku Konsul Jenderal Republik Indonesia, dihadiri oleh tamu-tamu undangan , staff diplomatik dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia Penang dan jajaran staff.
 
Selaku Komandan Upacara Peringatan hari Kemerdekaan RI ke 63 di KJRI Penang dipimpin oleh Mayor Laut Bayu Alisyahbana. selaku Indonesian Liaison Officer, Wism Indonesia padati oleh ribuan masyarakat Indonesia di daerah akreditasi Penang, Kedah dan Perlis. Berbondong-bondong memadati Wisma Keppri di jalan Tun Abdul Rahman. Peringatan Detik-detik Proklamasi ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak 17 kali, dilakukan oleh staff lokal KJRI Penang. Sebagai tanda dimulainya Peringatan Detik-detik proklamasi tersebut.
 
Pembacaan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dilakukan oleh Bapak Enang Supriyadi Syamsi,SH. selaku Konsul Imigrasi KJRI Penang. Dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945 yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia yang belajar di USM.
 
Pada acara kali ini ditampilkan aubade KJRI Penang yang dimotori oleh Tenaga Kerja Indonesia yang berada Penang Malaysia. Dibawah pembinaan dari konsul konsuler ibu Helena Vera Tuanakota,SH. Dengan menyanyikan lagu-lagu mars perjuangan, menambah hikmatnya Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 63.
 
Uniknya tahun peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah penganugerahan Satya Lencana Kesetiaan ke 30 tahun dari Presiden Republik Indonesia, Bapak Dr. Soesilo Bambang Yoedhoyono kepada Drs. Ayub Absani,MM dan Ngatemin S.ip yang selama tiga puluh tahun lebih sudah mendedikasikan pengabdiannya kepada Negara Republik Indonesia sebagai Pegawai Negeri Sipil di Departemen Luar Negeri Republik Indonesia. penyematan tanda bintang jasa satya lencana kesetiaan ini disematkan oleh Konsul Jenderal RI Penang.
 
Selanjutnya pada penutupan acara Pengibaran Bendera Merah Putih, dilakukan acara Potong Tumpeng oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia, Bapak Moenir Arie Soenanda didampingi oleh ibu, dan diserahkan kepada pasukan pengibar bendera termuda, yaitu Zernalda Septian usia 15 tahun adalah Pelajar Indonesia yang belajar di Sekolah Menengah Kebangsaan (L) Metdodist Air Itam adalah putra pertama dari Ibu Elizabidar selaku BPKRT KJRI Penang, dan Yulia Mauliddyah, 11 tahun adalah pelajar Indonesia yang belajar di Sekolah Menengah Kebangsaan Convent Pulau Tikus.
 
Acara Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 63 tahun ini ditutup dengan ramah tamah dan pembagian hadiah kepada para pemenang perlombaan peringatan HUT RI ke 63 di Penang Malaysia. Seluruh peserta upacara ikut berbaur bersama menyanyikan mars perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. (rido sarwono)