Sambutan Oleh H.E. Moenir Ari Soenanda-Konsul Jendral RI untuk Penang Pada Pembukaan Sales Promotion Of West Nusa Tenggara Serangkaian Dengan Visit Sumbawa Lombok 2010 Di Evergreen Hotel

12/16/2009

 

Pidato Oleh H.E. Moenir Ari Soenanda Konsul Jendral Indoneia Penang Pada Pembukaan Sales Promotion Of West Nusa Tenggara Serangkaian Dengan Visit Sumbawa Lombok 2010 Di Evergreen Hotel



Assalumualaikum W.W.
Yang Terhormat Ibu Krisni Astuti, Deputi Direktorat Promosi Untuk Regional Asia, Kementerian Pariwisata dan Budaya Republik Indonesia
Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat
Perwakilan Agen Travel di Penang
Tamu-Hadirin yang terhormat,
Bapak-bapak dan ibu-ibu.

 

Menjadi penghargaan yang istimewa bagi Konsulat Jenderal Indonesia di Penang untuk menjadi tuan rumah Perwakilan “Sales Promotion for West Nusa Tenggara, Indonesia". Acara ini diprekarsai oleh Kementerian Pariwisata dan Budaya Republik Indonesia untuk tujuan promosi Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia bagian timur, secara khusus dalam mempersiapkan menghadapi program “Visit Sumbawa-Lombok 2012”. Saya mengutarakan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Pariwisata dan Budaya Republik Indonesia dalam mengorganisir acara ini dan memilih Penang sebagai salah satu target untuk Sales Promotion pariwisata Indonesia. Saya berharap bahwa program Sales Promotion sukses dan pada akhirnya mampu untuk memacu alur pariwisata dari Penang dan sekitarnya menuju Nusa Tenggara Barat


Pemilihan Penang sebagai target promosi pariwisata adalah sangat layak dan beralasan meningat Penang kini memiliki potensi yang tinggi dan pesat pada perkembangan laju perekonomian ditandai dengan tingkat “Gross Domestic Product” dan kemampuan belanja yang tinggi. Penang adalah salah satu wilayah dengan laju perekonomian terpesat di Malaysia. Manufaktur adalah sektor ekonomi Penang yang penting memberi kontribusi signifikan kepada GDP wilayah. Penang telah dapat dikategorikan dengan kawasan industri berteknologi tinggi dan pusat teknologi informasi dan komunikasi. Penang juga kini menjadi jalur untuk perdagangan internasioanal yang terhubung dengan seluruh titik di seluruh dunia. George Town, ibu kota Penang adalah salah satu kota internasional dan masuk dalam 10 lokasi di Asia dimana ekspatriat Eropa memilih untuk bekerja dan menetap. Penang juga masuk dalam tujuan terbaik untuk pariwisata dunia.


Satt ini, Penang telah memposisikan sebagai suatu jalur logistik dan pintu internasional untuk turis, manufaktur berteknologi dan lain sebagainya.


Dengan pertimbangan tersebut, ini sesungguhnya menjadi momentum yang tepat untuk menyelenggarakan Sales Promotion Provinsi Nusa Tenggara Barat di Penang. Melalui misi Sales ini, saya berharap bahwa hal ini akan mampu membuka dan mengambil keuntungan kemajuan ekonomi Penang, dengan harapan bahwa curahan perkembangan ekonomi tersebut akan mampu diikuti oleh seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat.


Dengan alasan tersebut, proaktif dan keinginan yang kuat untuk berpromosi sangat diperlukan dengan tujuan agar mampu untuk menggali keseluruhan potensi pariwisata Nusa Tenggara Barat. Jika memungkinkan, Sales Promotion Nusa Tenggara Barat dapat diorganisir secara berlanjut di Penang.


Konsulat Jenderal di Penang sangat aktif dalam usaha mempromosikan pariwisata Indonesia, dan budaya Penang. Berbagai promosi pariwisata, pertunjukan budaya dan pameran telah diorganisir dengan bekerja sama dengan pihak pariwisata regional dari seluruh wilayah di Indonesia. Keseluruhan datang dan sukses dalam memikat penduduk lokal Malaysia ataupun turis asing dari Penang ke Indonesia.


Saya berharap dengan penyelenggaraan Sales Promotion pariwisata Nusa Tenggara Barat pagi ini akan mampu memikat peserta yang kebanyakan agen-agen travel dan operator perjalanan dengan menunjukkan Nusa Tenggara Barat sebagai tempat terbaik untuk pariwisata, menikmati panorama indah dan budaya serta keramah-tamahan penduduknya.


Pada akhirnya, paket tour perjalana untuk Nusa Tenggara Barat akan menjadi pilihan untuk diselenggarakan oleh agen-agen travel dan operator perjalanan di Penang, disamping penyelenggaraan paket perjalanan yang sudah ada seperti paket ke Bali, Yogyakarta, Bandung, dan lainnya.


Terima Kasih
Wassalamualaikum W.W.