Sambutan Bapak Konsul Jendral RI-Penang H.E Moenir Ari Soenanda Pada Pembukaan Pameran Investasi Sumatera Selatan, Seni Dan Budaya Di New World Park Penang, 14 Maret 2009

12/16/2009

 
Pidato Bapak Konsul Jendral Indonesia-Penang H.E Moenir Ari Soenanda Pada Pembukaan Pameran Investasi Sumatera Selatan, Seni Dan Budaya Di New World Park Penang, 14 Maret 2009
 
 
Assalumualaikum W.W.
Yang Amat Berhormat, Tuan Lim Guan Eng, Penang Chief Minister,
Yang Kami Hormati Bapak Alex Nurdin, Gubernur Sumatera Selatan,
Bapak Eddy Santana Putra, Walikota Palembang,
H.E. Hoshi, Konsul Jenderal Jepang,
H.E. Manopchai, Konsul Jenderal Thailand,
Tamu-Hadirin yang Terhormat,
Bapak-bapak dan Ibu-ibu.

 

Sungguh menjadi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kami - Konsulat Jenderal Indonesia di Penang karena telah diberikan amanah menjadi Perwakilan tuan rumah dalam acara “Pameran Investasi, Seni dan Budaya Sumatera Selatan”. Pameran ini atas prakarsa dari Pemerintah Daerah Tk. I Provinsi Sumatera Selatan dan Konsulat Jenderal Indonesia-Penang dengan bekerja sama dengan New World Park, Penang.


Saya menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sumatera Selatan untuk mensponsori acara ini dan memilih Penang sebagai salah satu target untuk pengembangan pariwisata dan promosi Sumatera Selatan. Saya berharap pameran ini akan memberikan hasil yang maksimal untuk kesuksesan dan menjadi pencetus pergerakan pariwisata dan investasi dari Penang ke Sumatera Selatan. Pilihan kepada Penang sebagai tempat pelaksanaan pameran merupakan pilihan yang tepat dan beralasan sejak keberadaan Penang yang telah menjadi satu potensi kekuatan dalam kemajuan ekonomi dan memiliki level “Gross Domestic Product (GDP)” yang tinggi.


Penang merupakan wilayah dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di Malaysia. Dan manufaktur adalah satu komponen penting ekonomi Penang, sebagai kontribusi terbesar kepada GDP wilayah disamping sektor lainnya seperti pariwisata, finansial, kargo dan jasa lainnya. Penang telah menempatkan posisinya sebagai jalur logistik dan pintu masuk internasional untuk turis, high-tech manufaktur, makanan halal, dan lain sebagainya.


Dengan seluruh pertimbangan tersebut, menjadi kesempatan yang baik bagi Pemrintah Sumatera Selatan untuk membuka dan mengambil keuntungan kemajuan ekonomi Penang, dengan harapan bahwa curahan perkembangan ekonomi tersebut akan mampu diikuti oleh seluruh wilayah Sumater Selatan. Dengan alasan tersebut, proaktif dan keinginan yang kuat untuk berpromosi sangat diperlukan dengan tujuan agar mampu untuk menggali keseluruhan potensi pariwisata, budaya, dan sector investasi Sumatera Selatan. Jika memungkinkan, Festival budaya Sumatera Selatan atau Festival Palembang dapat diorganisir secara berlanjut di Penang sebagaimana yang dilakukan oleh Jepang melalui Kesuksesan Festival Bong Odori di Penang


Usaha untuk menghubungkan Penang dan Sumatera Selatan juga penting untuk kemudahan akses penduduk dan turis dari kedua wilayah. Seperti diketahui, akses untuk Sumatera Selatan dari Penang dan sebaliknya hanya dapat ditempuh melalui Medan, Kuala Lumpur dan Singapura yang memiliki koneksi langsung dari Palembang, ibu kota dari Sumatera Selatan.


Potensi Sumatera Selatan dalam sektor pariwisata dan budaya akan dijelajahi selama empat hari pelaksanaan Pameran dimulai hari ini 14 Maret hingga 18 Maret 2009 di tempat yang sangat menarik ini – New World of Penang. Tempat ini akan menjadi forum khusus sebaik di Hotel Royal-Penang sebagai tempat Pemerintah Daerah Tk. I Sumatera Selatan akan mempresentasikan peluang investasi yang ada di Sumatera Selatan di depang pengusaha terkemuka dan investor yang potensial termasuk Investor Penang.


Pameran ini adalah sungguh menjadi unjuk kekuatan dari Provinsi Sumatera Selatan untuk memastikan audiensi Penang bahwa Provinsi ini sesungguhnya tempat yang tepat untuk berinvestasi dan pariwisata, menikmati keindahan budaya dan keramah-tamahan penduduk.


Terima kasih dan silakan menikmati pertunjukan dan pameran


Wassalamualaikum W.W.