Rangkaian Pentas Seni Grup Jembrana – Banyuwangi di Lyon, Besançon, dan Pari

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada pertengahan bulan Oktober 2009, KBRI Paris bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Jembrana, Bali, Pemda Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Pusat Promosi Dagang Indonesia /Indonesian Trade Promotion Centre Lyon, serta masyarakat Indonesia di Perancis telah menyelenggarakan serangkaian pentas seni dan budaya Indonesia di Lyon, Besançon dan Paris dengan menampilkan tari Jembrana – Banyuwangi sebagai pertunjukan utama, grup gamelan staf KBRI Paris, serta grup angklung mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Paris.

Di Lyon, kota terbesar di Perancis tengah, tim Jembrana – Banyuwangi tampil pada acara Festival Indonesia yang untuk pertama kali diadakan di Lyon pada tanggal 14 Oktober 2009. Festival ini bermaksud untuk semakin memperkenalkan Indonesia di Lyon melalui pameran berbagai produk dan budaya Indonesia yang khas seperti kerajinan tangan, mebel, batik dan kain tradisional, wayang kulit, masakan Indonesia, serta musik dan tari tradisional Indonesia. Festival ini diliput oleh koran harian lokal Lyon, Le Progrès. 
Sementara pada tanggal 15 Oktober 2009 di Besançon, salah satu kota terpenting di Perancis timur, tim Jembrana – Banyuwangi mementas pada acara pertunjukan tari dan musik tradisional Indonesia yang diadakan KBRI Paris bersama masyarakat Indonesia di Besançon. Pada pementasan budaya di Lyon dan Besançon grup gamelan staf KBRI Paris turut mempersembahkan beberapa aransemen gamelan Bali.
Tur Budaya grup tari Jembrana – Banyuwangi diakhiri dengan pertunjukan tari secara berturut-turut pada tanggal 17 dan 18 Oktober 2009 di Salon du Chocolat/Pameran Coklat Internasional ke-15 di Paris. Pameran coklat ini adalah salah satu even yang menarik perhatian pengunjung yang besar, yakni sekitar 120 ribu pengunjung per tahun. Pada pentas yang menampilkan berbagai negara di pameran tersebut, Indonesia juga menampilkan persembahan angklung dari mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Paris dengan menampilkan lagu Kopi Dangdut dan lagu populer Perancis, La Vie en Rose. Menurut rencana, pada Pameran Coklat Internasional yang akan diadakan untuk pertama kalinya di kota Marseille, kota terbesar kedua di Perancis, pada bulan Februari 2010,  Indonesia akan diundang sebagai tamu kehormatan.

Selama tur budaya, grup tari Jembrana – Banyuwangi mempertontonkan tarian-tarian yang menarik dan dinamis sehingga banyak memperoleh apresiasi penonton, seperti Tari Sekar Jagat, Cunduk Menur, Cenderawasih dan Jaran Goyang. Serentetan pentas seni Indonesia yang dilaksanakan pada pertengahan bulan Oktober ini yang disertai dengan pemberian cendera mata, brosur pariwisata, dan brosur perdagangan Indonesia didalam paket tas batik diharapkan dapat semakin memperkenalkan produk dagang, serta budaya dan pariwisata Indonesia pada masyarakat Perancis.
 
Paris, Oktober 2009
PENSOSBUD