Partisipasi Indonesia di Carnaval Tropical de Paris 2009

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 4 Juli 2009, Indonesia turut berpartisipasi dalam Carnaval Tropical de Paris 2009 yang diselenggarakan oleh pemerintah kota Paris dan Federasi Carnaval Tropical de Paris Île-de-France. Salah satu carnaval terbesar dan even tahunan unggulan kota Paris ini diikuti oleh 34 kontingen dari berbagai negara, antara lain Kolombia sebagai tim tamu kehormatan tahun ini, Guadelopue dan Martinique, dengan lebih dari 2000 penari dan musisi. Setiap tahunnya, Carnaval yang telah memasuki edisi ke-8 ini memberikan berbagai penghargaan kepada kontingen-kontingen dengan penampilan terbaik.

Carnaval tahun ini menempuh rute dari Place des Nations sampai ke Porte de Pantins yang dipenuhi oleh sekitar lima puluh ribu penonton.dan disiarkan secara langsung di stasiun TV Perancis France Ô.

Dengan mengusung tema Unité dans la Diversité (Bhinneka Tunggal Ika), Indonesia mempersembahkan tarian kecak dan mobil hias bernuansa tradisional Bali. Sepanjang jalur Carnaval, iring-iringan kontingen Indonesia disambut dengan sangat antusias oleh penonton. Bahkan, banyak penonton turut berkecak bersama dengan kontingen Indonesia.
Pada pengumuman penghargaan yang diadakan pada tanggal 5 Juli 2009, Indonesia kembali memenangkan penghargaan mobil hias terbaik seperti pada tahun sebelumnya.
 
Juri Carnaval yang terdiri dari berbagai artis Perancis juga memuji bahwa koreografi kecak yang melambangkan perang antara kebaikan dan kejahatan yang ditampilkan Indonesia di depan tribun Juri Carnaval sangat menarik. Sementara wakil walikota Perancis, Hamou Bouakkaz, dalam kesempatan Carnaval menyampaikan apresiasinya pada kontingen Indonesia karena tidak seperti mayoritas kontingen lainnya yang menampilkan penari/musisi yang didatangkan dari negaranya, kontingen Indonesia merupakan perpaduan dari anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia di Perancis, Staf KBRI Paris, dan warga negara asing pecinta Indonesia di bawah bimbingan Bapak Nyoman Kariasa S.Sn., Dosen Institut Seni Indonesia Denpasar. 
 
KBRI Paris menjadikan Carnaval ini sebagai agenda budaya tahunan yang selalu diikuti karena merupakan ajang yang sangat bagus dalam memperkenalkan budaya dan wisata Indonesia melalui persembahan budaya disertai dengan pembagian ribuan cendera mata dan brosur tentang wisata Indonesia. Diharapkan partisipasi Indonesia dapat terus meningkatkan promosi budaya dan wisata Indonesia di Perancis.