INDONESIA SECARA AKTIF MEMIMPIN DALAM UPAYA GLOBAL UNTUK MELINDUNGI LAPISAN OZON BUMI

​Indonesia pada tanggal 20-24 Juli 2015 di Paris secara aktif memimpin pertemuan  36thOpen Ended Working Group of the Parties to the Montreal Protocol (OEWG-36) guna membahas upaya global menuju penghapusan bahan perusak lapisan ozon stratosfer. Selaku Co-chair, Indonesia diwakili oleh Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Emma Rachmawaty dan Austria yang diwakili oleh Mr. Paul Krajnik telah memimpin pertemuan dengan baik.  
Salah satu isu utama pada pembahasan pertemuan OEWG ke-36  kali ini yaitu mandat kepada negara pihak untuk kemungkinan melakukan diskusi secara formal mengenai rencana perubahan Protokol Montreal (proposed amendment). dan pengelolaan bahan perusak lapisan ozon, Hydrofluorocarbon (HFC) yang merupakan hasil kesepakatan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya yakni pertemuan OEWG-35  di Bangkok, Thailand (tanggal 20-24 April 2015) dan pertemuan lanjutan yakni  pertemuan informal inter-sessional di Wina, Austria (tanggal 12-13 Juni 2015).
Dalam pertemuan OEWG ke-36, Delri dipimpin oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Kementerian Perindustrian RI dan beranggotakan wakil dari Direktorat Mitigasi Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI; Pusat Pengkajian Industri Hijau dan Lingkungan Hidup, Kementerian Perindustrian RI; Direktorat Pembangunan Ekonomi dan Lingkungan Hidup, Kementerian Luar Negeri RI dan Dubes Makarim Wibisono selaku penasehat Delri.
Peserta pertemuan OEWG ke-36 sepakat untuk melanjutkan pembahasan mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan untuk membahas tantangan kelayakan dan tata cara pengelolaan bahan perusak HFC untuk disampaikan dalam pertemuan MOP ke-27 yang akan dilaksanakan di Dubai, 1-5 November 2015. Dalam kaitan ini, pertemuan OEWG ke-36 di Paris tidak ditutup namun ditunda hingga  additional session sebelum pertemuan MOP ke-27 di Dubai guna membahas elemen-elemen yang belum mendapatkan kesepakatan. (KBRI Paris/FWH).