Perancis

PERANCIS
  • Nama Lengkap  : Republik Perancis
  • Area    : 547,030 sq km (daratan: 545,630 sq km; air: 1,400 sq km) tidak termasuk teritori  luar/overseas territory
  • Populasi  : 63.4 miliar
  • Ibukota  : Paris
  • Bahasa   : Perancis
  • Agama Mayoritas   : Kristen (Protestan, Katolik Roma, Katolik)
  • Mata Uang  : Euro (1 Euro = 100 sen)
  • Kepala Negara  : Presiden Emmanuel Macron (REM)
  • Perdana  Menteri  : Edouard Philippe
  • Menteri Luar Negeri  : Jean-Yves Le Drian
  • Harapan Hidup  : 77 tahun (pria), 84 tahun (wanita)(UN)
  • Ekspor Utama  : Mesin dan peralatan transportasi,produk agrikultural termasuk anggur (wine)
  • GNI per Kapita  : US $42,380 (2016)
 

PENDAHULUAN
Perancis merupakan salah satu pelopor integrasi Eropa sebagai sebuah benua yang dibangun kembali setelah kehancuran akibat Perang Dunia ke-II. Pada tahun 1990 kerjasama Franco-Jerman memiliki pengaruh yang penting bagi integrasi ekonomi Eropa. Ikatan antara kedua negara kembali menguat di millennium baru ketika kedua pimpinan negara menyuarakan oposisi kuat terhadap kegiatan Amerika Serikat di Iraq dimulai.
 
Namun Perancis mengejutkan Uni Eropa ketika para pemberi suaranya menolak konstitusi UE pada referendum di bulan Mei 2005. Kegiatan kolonial Perancis di masa lalu menjadikan Perancis sebagai negara dengan populasi multikultural. Perancis merupakan rumah bagi lebih dari 5 juta keturunan Arab dan Afrika.
 
Perancis memiliki sejumlah teritori luar/overseas territory yang jika digabungkan dengan daratan utama Perancis dan Korsika, menjadikan negara ini memiliki 26 wilayah. Wilayah-wilayah tersebut kemudian dibagi kedalam 100 departemen, empat diantaranya adalah French Guiana, Guadeloupe, Martinique dan Réunion-yang secara geografis terletak jauh dari kawasan Eropa.
 
Pemerintah Perancis dikenal dengan tingkat sentralisasinya yang tinggi, namun pada Maret 2003 parlemen menyetujui amandemen konstitusi yang mengijinkan desentralisasi kekuasaan yang cukup besar bagi masing-masing wilayah dan departemen. Pada saat pemilihan berlangsung perubahan tersebut dilihat sebagai proposal baru untuk menggabungkan kembali proses politik masyarakat Perancis  yang kecewa terhadap pengaruh yang seringkali diajukan oleh masyarakat elit Perancis.
 
Perancis telah menghasilkan beberapa pemikir dan penulis yang berpengaruh mulai dari Descartes dan Pascal di abad ke-17 Rousseau dan Voltaire di abad 18, Baudelaire dan Flaubert di abad 19 hingga Sartre dan Camus di  abad 20. Pada abad kedua terakhir, Perancis mempersembahkan karya dunia melalui hasil karya Renoir, Monet, Cezanne, Gauguin, Matisse dan Braque. Perancis juga terkenal dengan tradisi kulinernya dan memproduksi lebih dari 250 jenis keju dan beberapa minuman anggur terbaik kelas dunia.
Perancis merupakan pihak pada perjanjian non-proliferasi dan merupakan anggota rezim ekspor internasional. Meskipun Perancis sudah menurunkan tingkat penggunaan nuklirnya sejak periode Perang Dingin, Perancis tetap menunjukkan kemampuannya di bidang nuklir. Perancis mengembangkan senjata biologi dan kimia selama PD I dan memulai kembali kedua program tersebut selama kurun waktu 1930, namun Perancis telah menghentikan kedua program tersebut.
 
SEJARAH
Sebagai pemain kunci dalam panggung dunia dan merupakan negara yang terletak di Jantung Eropa Barat, Perancis membayar harga yang mahal untuk kondisi ekonomi dan sumberdaya manusia yang hancur selama dua perang dunia. Tahun-tahun yang diikuti dengan konflik berkepanjangan dimulai sejak kemerdekaan Alzajair dan sebagian koloni Perancis di Afrika dan Asia Tenggara.
 
Sejarah Perancis sangat kompleks dengan perubahan invasi dan perang dengan negara tetangga dan juga dikarenakan oleh arus migrasi dari dan ke beberapa negara. Perancis berubah dalam segi bentuk dan ukuran dalam beberapa abad dan bahkan ibukota pun pernah berpindah tempat. Perancis mengalami beberapa kali perubahan bentuk sistem pemerintahan selama berabad-abad dari republik yang pertama ke republik selanjutnya. Dari tahun 1959 hingga saat ini, pemerintah Perancis bertahan dalam Republik Kelima. Kursi kepresidenan Perancis saat ini diduduki oleh Nicholas Sarkozy yang memenangkan pemilupada tahun 2007 dan menjadi presiden keenam dalam Republik Kelima.
 
POLITIK
Sejak revolusi Perancis pada tahun 1789 dan pembentukan pemerintah demokratik pada tahun 1792 (Republik pertama) dan akhir dari masa kepemimpinan raja dan ratu di Perancis selalu ada beberapa parlemen.. Politik Perancis cenderung berubah pada setiap pemilihan dan hal ini terlihat dari situasi politik yang cenderung emosional terlihat dari masih seringnya terdengar ungkapan seperti Komunis, Trotsky dan Nasionalisme. De Gaule dan Mitterand merupakan pemimpin yang paling berpengaruh dalam dunia perpolitikan di Perancis.
 
Pemerintahan Perancis
Pemerintahan Perancis dibagi kedalam beberapa tingkatan, menteri dan seksi. Urutan struktur yang tersebut dibawah ini merupakan bagian paling penting. Hirarki yang telah disederhanakan untuk menggambarkan kekuasaan pemerintah di Perancis adalah sebagai berikut:
  • Presiden Perancis
  • Senat yang membawahi senator yang dipilih oleh mayor.
  • Parlemen, yang dipilih oleh pemilih berkebangsaan Perancis.
  • Dewan Regional
  • Dewan Distrik
  • Dewan Kota

Sehubungan dengan pemerintah Perancis yang mendesentralisasi kekuasaannya, maka banyak dewan kota yang disatukan kedalam satu bentuk komunitas yang dinamakan Communité de communes.

 
EKONOMI
Perancis merupakan negara industri maju dengan GDP terbesar kelima sesudah AS, Jepang, Jerman dan Inggris. Pertumbuhan ekonomi Perancis pada tahun 2007 tercatat sebesar 1,9%, menurun dari tahun 2006 yang mencapai 2,2%, sedangkan untuk tahun 2008 mencapai 1,8%. Tingkat pengangguran pada tahun 2007 mencapai 8% dan jumlahnya terus meningkat seiring dengan adanya krisis finansial global.
Jerman, Spanyol, Italia, Inggris dan Belgia adalah 5 terbesar negara tujuan investasi Perancis. Perancis merupakan negara penanam modal terbesar ke-empat di dunia sekaligus salah satu negara penerima investasi yang terbesar di dunia. Investasi Perancis di luar negeri pada umumnya berada di negara-negara UE, Amerika Serikat, dan negara industri maju lainnya. Investasi di wilayah tersebut sudah berlangsung cukup lama dan bertahan hingga saat ini karena faktor-faktor ekonominya yang menunjang. Wilayah Eropa Timur menjadi salah satu pilihan investasi karena persamaan budaya, upah kerja yang relatif rendah dan pertumbuhan ekonomi di Eropa Timur. Selain negara-negara UE, AS dan Eropa Timur, akhir-akhir ini China juga merupakan negara tujuan yang sangat menarik bagi investasi dan ekspor Perancis.
 
Dalam upaya memperbaiki perekonomian Perancis yang terkena dampak krisis keuangan global, Pemerintah Perancis meluncurkan paket dana strategis investasi sebesar Euro 20 milyar untuk menyelamatkan industri Perancis dari pengambilalihan pihak asing. Menyusul setelah itu, pada tanggal 5 Desember 2008, Presiden Sarkozy meluncurkan paket kebijakan senilai Euro 26 milyar (US$ 33 milyar) untuk menstimulasi pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja di Perancis. Paket ini bersifat an investment-driven bid.
 
Perancis juga berhasil mengupayakan dukungan kondusif di tingkat regional. Dengan adanya keputusan Komisi UE pada tanggal 8 Desember 2008 untuk melonggarkan Pakta Stabilitas dan pertumbuhan UE mengenai batas maksimum hutang anggaran publik untuk sementara, membuat pemerintah Perancis mendapat kelonggaran untuk menyesuaikan anggarannya yang diperkirakan akan melewati batas maksimum 3% tahun 2009 dan 2010. Presidensi Perancis juga telah berhasil mengupayakan paket stimulasi di tingkat UE sebesar Euro 200 juta. Melalui paket ini, masing-masing negara anggota akan menyediakan dana di tingkat regional sebesar 1,5% dari GDP-nya untuk melakukan pemotongan pajak dan meningkatkan daya beli guna menggerakkan kembali perekonomian di masing-masing negara UE. Perancis juga berhasil membawa negara-negara UE menyepakati ”the 20-2—2- deal” yaitu mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 20% tahun 2020, melakukan hemat energi sebesar 20% dan menjadikan energi terbarukan sebagai 20% dari keseluruhan energi yang digunakan.