Peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan RI di KBRI Paramaribo, 17 Agustus 2014

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Pada tanggal 17 Agustus 2014 dimulai pukul 08.30 waktu setempat, KBRI Paramaribo telah menyelenggarakan serangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan RI yaitu berupa Upacara Pengibaran dan Upacara Penurunan bendera di halaman kantor KBRI, serta acara syukuran dengan masyarakat di Aula KBRI.

 

Upacara pengibaran bendera dipimpin oleh Duta Besar RI Paramaribo selaku Inspektur Upacara yang dihadiri oleh kurang lebih seratus orang WNI yang tinggal di Suriname, Diaspora Indonesia, Friends of Indonesia. Upacara Pengibaran Bendera tersebut berjalan lancar, sederhana namun khidmat, dan juga diliput oleh salah satu stasiun televisi swasta Suriname, serta wartawan media massa setempat berbahasa Belanda, De Ware Tijd.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan acara syukuran dengan masyarakat Indonesia berupa pemotongan tumpeng oleh Dubes RI beserta Ibu Retnani Rahardjo, sebagai simbol rasa syukur masyarakat Indonesia atas kemerdekaan yang telah diraih dan diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa 69 tahun yang lalu. Acara syukuran tersebut dimulai dengan mendengarkan lagu-lagu perjuangan, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pesan-pesan kemerdekaan oleh Dubes RI, dan ditutup dengan pemutaran video peringatan Detik-detik Proklamasi di Istana Negara RI.

 

Dalam sambutannya, Dubes RI antara lain menyampaikan bahwa kemerdekaan adalah berkah dari perjuangan para pahlawan bangsa yang harus kita jaga dan kita isi dengan hal-hal yang positif. Rasa syukur atas kemerdekaan bangsa dapat diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan tetap menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia dimanapun berada, terus menerus belajar memperbaiki diri, bekerja keras demi kemajuan, menjaga kerukunan, serta turut memelihara perdamaian. Keberadaan di negara yang sangat jauh dari tanah air tidak lantas mengikis rasa nasionalisme dan kecintaan kepada tanah air Indonesia. Melalui peran aktif dan berpartisipasi dalam setiap acara peringatan upacara yang diselenggarakan oleh KBRI, masyarakat Indonesia diharapkan dapat tetap menjaga dan memiliki rasa nasionalisme dimanapun mereka berada.

 

Acara syukuran tersebut berlangsung secara sederhana namun cukup berkesan, terutama saat diperdengarkan lagu-lagu perjuangan yang telah membuat hampir seluruh masyarakat WNI yang hadir secara bersama-sama menyanyikan lagu-lagu perjuangan tersebut, yang menandai terjaganya rasa nasionalisme mereka.