PROMOSI KULINER INDONESIA INDONESIA OLEH DUBES NUR SYAHRIR RAHARDJO DI WISMA DUTA, 26 JANUARI 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Pada tanggal 26 Januari 2013, bertempat di Wisma Duta, Duta Besar RI telah melaksanakan demontrasi memasak dalam rangka promosi kuliner Indonesia di Suriname.  Acara ini disaksikan oleh Deputy Chief of Mission Kedubes Brasilia di Paramaribo, Mr. Caio Renault, yang baru dipindahtugaskan dari Kedubes Brasilia di Jakarta ke Paramaribo 3 bulan yang lalu; dan Sdr. Adre Warsosemito, Manajemen Suralco NV, yang juga salah satu tokoh Suriname keturunan Indonesia.
 
            Pengambilan gambar demo masak  tersebut merupakan salah satu promosi Kuliner Indonesia, yang ditayangkan secara rutin setiap bulan  di TV Mustika, dalam acara Dapur Indonesia”. Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Nur Syahrir Rahardjo menunjukkan kebolehannya dalam memasak  Ayam Pop dan Balada Iga Sapi.
 
            Dapur Indonesia dilaksanakan sejak tahun 2008, oleh KBRI Paramaribo dan Dharma Wanita Persatuan KBRI Paramaribo bekerjasama dengan TV Mustika dan Sri Abadi Trading, importir produk Indonesia di Suriname. Kegiatan ini merupakan program TV Mustika yang disiarkan dua minggu sekali atau dua kali dalam sebulan, yang menampilkan satu masakan dalam setiap siarannya. Program ini cukup mendapatkan perhatian dari masyarakat luas di Suriname, tidak saja etnis keturunan Jawa tetapi juga etnis-etnis lain di Suriname.
 
            Pengambilan gambar kegiatan Dapur Indonesia kali ini dilakukan di Pendopo Wisma Duta dengan latar belakang taman yang indah. Selain proses dan cara memasak, kepada pemirsa juga disampaikan penjelasan mengenai serba serbi masakan yang ditampilkan berikut keterangan mengenai daerah asal masakan tersebut. Dengan demikian diharapkan, masyarakat Suriname menjadi lebih mengenal keragaman jenis masakan Indonesia.
 
            Selesai pengambilan gambar Dapur Indonesia, kedua tamu dan pemandu acara serta manajemen Sri Abadi Trading diberi kesempatan untuk mencicipi hasil masakan Duta Besar RI serta memberikan komentar tentang masakan yang diperagakan.  DCM Brasilia dan Mr. Andre serta tamu lainnya menikmati hidangan hasil demo masak yang disajikan dan menyampaikan terima kasih  atas kesempatan berkunjung ke Wisma Indonesia untuk menikmati hasil masakan Duta Besar RI.
 
            Mr. Cairo Renault  dan Mr. Andre Warsosemito juga memberikan apresiasi kepada KBRI Paramaribo atas program  ini yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang benar mengenai masakan Indonesia dan dapat  memperkaya keragaman makanan di Suriname.  (Sumber : KBRI Paramaribo.mcr).