PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM ANGGOTA LEGISLATIF DI KBRI PARAMARIBO TANGGAL 5 APRIL 2014

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 5 April 2014 dimulai pukul 08.00 sampai pukul 18.00 waktu setempat, KBRI Paramaribo telah menyelenggarakan Pemilihan Umum Anggota Legislatif tahun 2014 bertempat di Aula Pancasila KBRI Paramaribo. Acara tersebut terselenggara atas kerjasama Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) Paramaribo, serta masyarakat WNI di Suriname.
 
Selain menyelenggarakan Pemilihan Umum di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di KBRI Paramaribo, PPLN Paramaribo juga menyediakan fasilitas Drop Box bagi para pemilih WNI yang berada di Guyana dan bagi mereka yang tidak dapat datang langsung ke TPS di KBRI Paramaribo.
 
Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tercatat pada KBRI Paramaribo, untuk wilayah Suriname dan Guyana, terdapat 507 WNI dengan rincian 300 WNI tinggal di Suriname, dan 207 WNI tinggal di Guyana. Seluruh WNI yang berada di Suriname dan Guyana dihimbau untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu Anggota Legislatif 2014 dengan membawa paspor atau identitas diri lainnya.
 
Dalam proses pemilu Anggota Legislatif tahun 2014 kali ini, selain dihadiri oleh WNI yang berada di Suriname, juga hadir mantan Duta Besar Suriname untuk Indonesia, Ambassador Angelic Ali Hussain Del Castillo sebagai observer. Selain itu, Pemilu kali ini juga diliput oleh wartawan media massa setempat berbahasa Belanda De Ware Tijd, Mr. Charles Chang dan wartawan dari surat kabar Times of Suriname.
 
Pemilu anggota Legislatif tahun 2014 diikuti oleh 12 Partai Politik yang telah lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) ditambah dengan 3 Partai lokal Aceh guna mengakomodasi aspirasi suara masyarakat Propinsi Aceh.
 
 
Setelah proses pemilihan suara Anggota Legislatif tanggal 5 April 2014 ini selesai, KPPSLN Paramaribo akan menyimpan kotak suara yang masih dalam segel untuk kemudian dilakukan penghitungan suara pada tanggal 9 April 2014 di KBRI Paramaribo.
 
 
Sumber: KBRI Paramaribo, 5 April 2014.