PAMERAN FOTO SERTA PROMOSI PARIWISATA DAN BUDAYA INDONESIA DI MUSEUM SURINAME, FORT ZEELANDIA TANGGAL 9-10 FEBRUARI 2013

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Dalam rangka pelaksanaan soft diplomasi, KBRI Paramaribo telah menyelenggarakan Pameran Foto dipadukan dengan promosi pariwisata dan budaya serta kuliner Indonesia, di Museum Suriname, Fort Zeelandia, Paramaribo pada tanggal 9-10 Februari 2013. Pameran foto ini terlaksana bekerjasama dengan warga negara Suriname yang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Indonesia, pernah bertugas di Indonesia dan pernah berkunjung ke Indonesia. 

 

                  Pembukaan pameran foto dan promosi tersebut dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2013 di halaman komplek museum Suriname. Sedangkan pameran foto dilaksanakan di lantai dua gedung museum. Pembukaan pameran dihadiri oleh sekitar 175 orang, antara lain Menteri Dalam Negeri; Pejabat Kementerian Luar Negeri; Anggota Parlemen, Distrik Komisaris (Gubernur) Paramaribo Utara; Duta Besar Amerika Serikat, Brasilia, China dan Kuba, KUAI Belanda dan India, anggota Corp Diplomatic, para Konsul Kehormatan; Ketua dan Pengurus Ikatan Alumni Indonesia-Suriname (IAIS); Ketua dan anggota Ikatan Keluarga Alumni Kursus Bahasa Indonesia (IKA-KBI); serta  friends of Indonesia.

 

                  Dalam sambutannya Duta Besar RI menyampaikan antara lain bahwa promosi budaya merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan saling pengertian, kepercayaan dan persahabatan antar masyarakat Indonesia dengan Suriname. Selain itu disampaikan juga bahwa kerjasama dan pertukaran budaya merefleksikan hubungan persahabatan kedua negara.  Dengan pameran foto diharapkan masyarakat Suriname lebih mengetahui Indonesia dan  dapat mendorong masyarakat Suriname untuk berkunjung ke Indonesia.

 

                  Pameran Foto ini mempublikasikan foto  kegiatan BSBI tahun 2012, serta foto-foto penerima beasiswa Darmasiswa dan Program Master tahun 2005 sd 2012. Selain itu juga dipamerkan foto kunjungan Kelompok Does Kabaret (semacam Ludruk) ke Indonesia tahun 2007, foto Kunjungan Jurnalis (Familiarization Trip) tahun 2009; foto kunjungan anggota IKA-KBI dalam rangka ikut serta pada Konggres Bahasa Indonesia tahun 2003 dan Konggres Bahasa Jawa tahun 2011; foto selama penugasan mantan Duta Besar Suriname untuk Indonesia, Angelic Alihusain-del Castilho tahun 2007-2011; dan foto kunjungan Mendagri Suriname ke Indonesia tahun 2012, dalam rangka menghadiri Konperensi mengenai Peranan Wanita dalam  Pembangunan yang dilaksanakan dalam rangka  kerjasama Organisasi Konferensi Islam (OKI).

 

                  Dalam rangka promosi budaya dan pariwisata serta kuliner Indonesia, dipertunjukkan Tari Pendet, Tari  Gambir Anom, Tari  Sancang Gugat, Tari Panji Semirang, dan Tari Gandrung; oleh penerima BSBI tahun 2012 dan para murid sanggar tari KBRI Paramaribo. Selama pameran juga dilaksanakan display produk kerajinan Indonesia, berbagai batik dari Madura, Lasem, Pekalongan dan Cirebon; serta kain khas daerah seperti kain tenun Nusa Tenggara Barat, Kain Bengkulu dan Lampung. Selain itu selama pemeran juga diputar film mengenai pariwisata Indonesia dan dibagikan brosur-brosur pariwisata Indonesia. Sedangkan dalam rangka promosi kuliner, disajikan kue lapis, lemper isi ayam, sate ayam dan kacang goreng.  (Sumber : KBRI Paramaribo).mcr