Upacara Peringatan HUT RI ke-68 dan Pengambilan Sumpah/Janji PPLN Panama

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Upacara peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2013 membawa keuntungan tersendiri karena jatuh pada hari Sabtu sehingga dapat dihadiri oleh lebih dari 50 orang warga negara Indonesia maupun warga negara Panama. Kehadiran peserta upacara di KBRI Panama City kali ini lebih besar dibandingkan dengan upacara peringatan HUT RI pada tahun sebelumnya. Duta Besar RI, Dwi Ayu Arimami, dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya dan memberikan penghargaan atas kehadiran seluruh peserta upacara,  terutama yang datang dari kota Chitre dan Colon yang telah menempuh perjalanan beberapa jam menuju KBRI.  Kehadiran mereka merupakan bukti kepedulian terhadap momen penting bangsa Indonesia yang diperingati setiap tahunnya.

 

Upacara yang berlangsung dengan tertib dan khidmad tersebut dilanjutkan dengan acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Ketua dan Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Panama.  Acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor: 273/KPTS/KPU/Tahun 2013 tanggal 29 Maret 2013 perihal Pembentukan dan Pengangkatan Ketua, Anggota serta Kepala Sekretariat dan Pelaksana PPLN pada KBRI Panama City.  Setelah pengambilan sumpah/janji oleh Ketua dan Anggota PPLN, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara masing-masing oleh Ketua merangkap anggota PPLN: Suriah Begom dan para anggota PPLN Panama: Muhammad Mustafa Bin Umar, Agus Foni Widjaja, Gustiayu Nyoman Sri Aspini dan Ratih Wijayanti, yang seluruhnya adalah anggota masyarakat yang memenuhi persyaratan. Turut diambil sumpahnya adalah Kepala Sekretariat, Raul Yanvierino dan Pelaksana PPLN, Zulfan Effendi.

 

Meskipun berdasarkan Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) Panama, sampai sejauh ini tercatat hanya 30 orang Warga Negara Indonesia yang dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu tahun 2014, namun menurut Duta Besar RI, KBRI Panama City melalui PPLN Panama tetap berkewajiban melayani dan memberikan yang terbaik bagi Warga Negara Indonesia di Panama untuk menyalurkan hak suaranya. Oleh sebab itu, Duta Besar RI mengharapkan agar PPLN Panama senantiasa dapat melakukan pemutakhiran data pemilih dan mengantisipasi perubahan jumlah pemilih, mengingat berdasarkan data resmi yang diperoleh dari Dirección General de la Gente de Mar, Autoridad Marítima de Panamá, tercatat adanya ribuan (6738 selama tahun 2012) ABK Indonesia yang terdaftar bekerja di kapal-kapal asing telah menyeberangi Panama Canal, sehingga terdapat kemungkinan beberapa diantaranya singgah pada saat hari pelaksanaan pemungutan suara di KBRI Panama City.

 

Kesempatan berkumpul yang sangat langka seperti itu dimanfaatkan pula untuk saling bersilaturahim dan makan bersama disela-sela pembagian hadiah lomba bowling, beberapa permainan anak, lomba makan kerupuk anak-anak maupun bapak-bapak dan lomba karaoke yang dilaksanakan sebelumnya dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-68. (Sumber : KBRI Panama City).