Perusahaan Indonesia Pamerkan produknya di ExpoComer 2016, Panama

Panama City - Sebanyak 21 perusahaan Indonesia memamerkan produknya di pameran perdagangan internasional tahunan “ExpoComer” ke-34 di Panama City tanggal 9-12 Maret 2016. Produk-produk tersebut ditampilkan di booth KBRI Panama City yang diberi nama “Galeria Indonesia”. Produk-produk yang ditampilkan dibagi dalam enam kategori, yaitu produk makanan, produk pakaian dan aksesoris, produk kesehatan dan kecantikan, produk mekanik, produk bahan bangunan, dan produk barang rumah tangga.

Dua puluh satu perusahaan yang berpartisipasi tersebut antara lain: Monde Biscuit, Toba Surimi, Tiga Pilar, ICC Indonesia, Artistica Jewelry, Batik Aryasuta, Syukestex, Agree Progress, Sekawan Cosmetics, Sugih Instrumendo, Delijaya Global, Supreme Belting, Astra Otoparts, Trimitra Baterai, Batu Inbali, Maxpo Stone, Karet Margajaya, Karya Omega, Trisinar Indopratama, Presindo Central, dan Naga Semut.


Produk-produk Indonesia sangat menarik perhatian pengunjung pameran, sehingga dari 500 booth yang ada di pameran ini, booth Indonesia mampu menarik 95 orang pengunjung selama empat hari pameran, jauh di atas jumlah rata-rata pengunjung booth lainnya yang berkisar 15-30 orang. Sejumlah pengunjung bahkan sangat mengharapkan agar produk yang dipamerkan dapat langsung dibeli secara eceran.


Meningkatnya jumlah perusahaan Indonesia yang memamerkan produknya di pameran ini tidak terlepas dari kerjasama yang diberikan oleh Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kemdag, kepada KBRI Panama City, melalui penyebarluasan informasi pameran di dalam negeri. Peningkatan jumlah ini juga mengindikasikan semakin tingginya minat perusahaan Indonesia untuk memasarkan produknya di Panama dan di kawasan Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Diharapkan, nilai ekspor Indonesia ke Panama semakin meningkat di tahun ini dan tahun mendatang dengan semakin banyak diminatinya berbagai jenis produk Indonesia. Duta Besar RI baru untuk Panama, Dubes Budhy Santoso, juga turut menyempatkan diri menyapa para pengunjung booth KBRI selama pameran.


(Sumber: KBRI Panama City)​