Perkuat Hubungan Bilateral Melalui Misi Dagang Indonesia ke Panama

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

“Momentum forum bisnis merupakan salah satu cara bagi penguatan hubungan kerjasama Indonesia-Panama dalam bidang perdagangan”, demikian Dubes Besar RI untuk Panama Dwi Ayu Arimami menuturkan dalam Forum Bisnis yang diselenggarakan di Hotel Riu, Panama (11/9/2012).

Forum yang merupakan kerjasama antara KBRI Panama City dengan Kementrian Perdagangan dan Industri Republik Panama dipimpin oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Gusmardi Bustami.

Forum tersebut secara khusus membahas upaya peningkatan dan pengembangan  ekspor ke pasar non-tradisional, khususnya emerging market, Panama, Kolombia dan Ekuador.

Dalam sambutannya, Dirjen Gusmardi menjelaskan mengenai perkembangan ekonomi perdagangan indonesia seraya menyampaikan beberapa potensi keuntungan melakukan bisnis di Indonesia.

Tercatat, sejak dibukanya KBRI di Panama (9/11/2011 – 2012), sepatu, mebel, kerajinan tangan, ban mobil, peralatan rumah sakit dan bahan makanan menjadi produk Indonesia yang paling diminati di Panama.

Tidak lupa, dalam kesempatan tersebut, Dirjen Gusmardi menyampaikan undangan kepada pengusaha-pengusaha Panama untuk berpartisipasi dalam the 27th Trade Expo Indonesia yang akan digelar di Jakarta 17-21 Oktober 2012 mendatang.

“Misi Dagang Indonesia ke Panama hampir dapat dipastikan memberi peningkatan yang cukup berarti bagi peningkatan kerjasama dan hubungan ekonomi serta people to people contact antara Indonesia dan Panama”, tegas Dubes  Dwi Ayu.

Misi Dagang tersebut diyakini mampu mengembangkan volume perdagangan Indonesia tidak hanya di Panama dan kawasan Amerika Latin, namun dunia internasional mengingat letak strategis negara Panama sebagai salah satu hub kegiatan bisnis dunia.

Forum juga diisi dengan presentasi mengenai Panama Canal, Colon Free Zone (CFZ) dan Panama Pacifico (PP) oleh Mr. Ben Cardoze Fábrega, Relationship Manager The Panama Trade & Investment Agency “PROINVEX” yang berada dibawah Kementerian Perdagangan dan Industri Republik Panama.

Dalam forum bisnis yang dihadiri 60 orang dari kalangan dunia usaha dan pemerintah setempat memperoleh sambutan sangat baik dari Kementerian Perdagangan dan Industri Republik Panama, Pimpinan Kamar Dagang, Industri dan Pertanian Panama (Cámara de Comercio, Industrias y Agricultura de Panamá), serta Pusat Bisnis Colon Free Zone (CFZ) dan Panama Pacifico (PP).

Misi Dagang Indonesia mengawali kegiatannya di Panama dengan melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil Menteri Perdagangan dan Industri Panama, Mr. José Pacheco Tejeira, yang menyarankan Indonesia membuka office display produk-produk Indonesia di CFZ.

Pada akhir kunjungan, Misi Dagang Indonesia disambut oleh General Manager CFZ, Mr. Leopoldo Benedetti serta melakukan peninjauan langsung ke lapangan. (Sumber : KBRI Panama City)