Dubes RI Panama Terima Penghargaan dari Universidad de Panama

panama.jpg

​​

Panama City - Mgtr. Leonardo Enrique Collado Trejos, Direktur Centro Regional Universitario de Azuero (CRUA), Universidad de Panama memberikan medali dan piagam penghargaan kepada Duta Besar LBBP RI, Dwi Ayu Arimami, atas kontribusinya yang berharga bagi pengembangan budaya masyarakat kedua negara di Panama (9/1). Disampaikan pula bahwa penghargaan tersebut diberikan atas profesionalismenya memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Panama melalui pemberian Darmasiswa RI serta atas partisipasi KBRI Panama City dalam kegiatan budaya dan akademis di CRUA.

Medali bertuliskan Liderazgo y Excelencia Academica (Kepemimpinan dan Akademik yang unggul) di satu sisi dan tulisan Orden Paula Solis de Huerta disertai foto Paula Solis de Huerta, yang merupakan tokoh pendiri CRUA tahun 1970, di sisi lainnya, diterima dengan rasa haru oleh Duta Besar Dwi Ayu Arimami yang mengaku bahwa sebagai Duta Besar RI yang pertama untuk Republik Panama belum berbuat banyak kecuali hanya mampu merintis pembukaan hubungan dengan berbagai kalangan di Panama, yang salah satunya adalah dengan CRUA.

Perkenalan KBRI Panama City dengan beberapa dosen dan mahasiswa di CRUA dimulai sejak Oktober tahun 2013 pada saat KBRI Panama City memenuhi undangan CRUA untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan "V Congreso Cientifico de la Region de Azuero" yang berlangsung dari tanggal 7 - 11 Oktober 2013.

Selanjutnya, Mgtr. Leonardo Enrique Collado Trejos menyatakan sangat terkesan dengan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh KBRI Panama City. Presentasi mengenai Indonesia yang pernah disampaikan oleh Sekretaris Pertama, Juang Exaudi S. Bakara dan oleh Sekretaris Ketiga, R. Terry Subagia, pertunjukan tari-tarian Bali oleh beberapa penari profesional warganegara Mexico penerima Darmasiswa RI, serta penyajian kuliner Indonesia dalam acara-acara yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa CRUA diharapkan dapat berlanjut di masa-masa mendatang.

Dalam acara pemberian penghargaan di Wisma Indonesia tersebut, Mgtr. Leonardo Enrique Collado Trejos hadir bersama Profesor Dr. Rónel Solís dan Profesor José Carlos Ulloa serta 4 mahasiswa: Jorge Isaac Chen, María Alejandra Tello, Jhair Bazán, Ascanio Vega yang tergabung dalam kelompok musik Panama Winds. Secara mengejutkan Panama Winds mempersembahkan dua musik klasik dan satu musik pop yang memukau hadirin yang terdiri dari masyarakat warganegara Panama, warganegara Indonesia dan warganegara asing lainnya.

​(Sumber: KBRI Panama)​