Menlu Panama Bersulang untuk Persahabatan Indonesia-Panama

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Beberapa saat setelah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Himno Nacional de la República de Panamá berkumandang hikmat mengawali sambutan Dubes RI pertama untuk Republik Panama, Dwi Ayu Arimami, Menteri Luar Negeri Republik Panama, Y.M. Fernando Núñez Fábrega menyambut hangat ajakan bersulang untuk persahabatan abadi antara Indonesia dan Panama pada resepsi diplomatik, 28 Agustus 2013.  Resepsi yang merupakan puncak peringatan hari ulang tahun ke-68 proklamasi kemerdekaan RI tersebut diselenggarakan di Marina Gran Salón del Hotel Intercontinental Miramar Panamá, dihadiri oleh lebih dari 150 orang sesuai perkiraan.

                                                        

Selain Menlu beserta jajarannya, hadir pula Ketua Mahkamah Agung José Ayu Prado, beberapa anggota Parlemen, Presiden Kamar Dagang Industri dan Pertanian Panama, José Luis Ford dan kalangan pengusaha, perwakilan Colon Free Zone dan Agencia Panamá Pacifico, akademisi, pengacara, budayawan, korps diplomatik dan Organisasi Internasional, wartawan serta Reina de calle abajo de Las Tablas 2013 (Ratu kota Las Tablas, sekitar 280 km dari Panama City) , Ana Gabriela Rodriguez.  Miss Mundo Panama 2012, Virginia Hernández Milachay, yang begitu antusias ketika memperoleh undangan KBRI untuk hadir pada resepsi diplomatik, menyampaikan penyesalannya melalui sms tanggal 29 Agustus 2013, karena tiba-tiba ia harus menghadiri acara sosial yang merupakan bagian dari tugasnya sebagai persiapan mengikuti kontes Miss World di Bali.

 

Peragaan pakaian pengantin Bali, lukisan dan dekorasi Bali yang menyambut kedatangan para undangan di pintu masuk, musik tradisional Bali,  slides show berupa foto-foto seluruh propinsi Indonesia serta penyajian beberapa hidangan Indonesia, telah memukau para undangan yang pada umumnya belum mengenal Indonesia dengan baik. Upaya memperkenalkan Indonesia tersebut diharapkan dapat lebih memperkuat hubungan diplomatik Indonesia-Panama yang telah terjalin selama 34 tahun. (Sumber : KBRI Panama City)

?