Indonesia Akhiri Masa Tugasnya Sebagai Wakil Presiden Konferensi Negara-Negara Pihak UNCAC

Setelah dua tahun menjabat sebagai Wakil Presiden Konferensi Negara-Negara Pihak Konvensi PBB Menentang Korupsi (UNCAC) mewakili Kawasan Asia sejak Oktober 2011, Indonesia mengakhiri masa tugasnya pada sesi kelima Konferensi Negara-Negara Pihak UNCAC yang diadakan di Panama City, Panama, tanggal 25-29 November 2013.

 

Dalam sambutan terakhirnya, Presiden Konferensi sesi Keempat dari Maroko menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh anggota Biro, termasuk Indonesia yang telah menjalankan tugasnya sebagai Wakil Presiden Konferensi.

 

Dalam masa kepemimpinannya, Indonesia yang diwakili oleh Dubes/Watapri Wina telah memimpin sejumlah pertemuan penting yang dilakukan dalam sesi sidang Konferensi Negara-Negara Pihak Keempat di Maroko 2011 silam maupun di Markas Besar PBB di Wina, diantaranya pertemuan the Implementation Review Group UNCAC. Indonesia juga terlibat aktif dalam membantu menjembatani berbagai perbedaan pandangan negara-negara dalam upaya mencari solusi terbaik bagi pemberantasan korupsi di tingkat global.

 

Peran aktif Indonesia di dunia internasional dalam pemberantasan korupsi ini bukan merupakan kali pertamanya. Pada tahun 2008, di Bali, Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus menjadi Presiden pada penyelenggaraan sesi kedua Konferensi Negara-Negara Pihak UNCAC yang dihadiri oleh lebih dari 80 negara-negara anggota PBB.

 

Diharapkan peran aktif Indonesia pada tataran internasional ini bisa terus mendorong upaya nasional pencegahan dan pemberantasan korupsi yang terus digencarkan oleh Pemerintah Indonesia. (Sumber : KBRI Panama)