Duta Besar Indonesia menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Republik Panama

​​​​​

Duta Besar Indonesia untuk Republik Panama, Budhy Santoso, didampingi oleh 2 orang Diplomat RI telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Panama, Juan Carlos Varela, pada hari Rabu, 1 Juni 2016.

Setelah seremoni penyerahan surat kepercayaan, Duta Besar RI beramah tamah dengan Presiden selama lebih kurang 30 menit, membahas berbagai isu peningkatan hubungan bilateral khususnya berbagai isu ekonomi dan kerja sama maritim yang saat ini menjadi fokus Pemerintah Indonesia. Penyerahan surat kepercayaan ini tentunya menjadi penanda era baru dalam peningkatan hubungan bilateral antara Indonesia dan Panama.

"Hubungan bilateral antara Indonesia dan Panama mempunyai potensi yang sangat besar untuk dapat ditingkatkan", ungkap Duta Besar Budhy Santoso kepada Presiden Varela setelah menyerahkan surat kepercayaannya. Duta Besar Budhy Santoso juga mengungkapkan bahwa masih rendahnya people to people contact antara kedua negara menjadi salah satu tantangan yang paling besar dalam mendorong peningkatan hubungan bilateral kedua negara.

Dalam pertemuan singkat tersebut, Presiden Varela yang didamping oleh Wakil Menteri Luar Negeri Panama, Luis Miguel Hincapie, menyampaikan pandangan yang sama mengenai potensi peningkatan hubungan bilateral kedua negara yang didasarkan pada kerja sama yang saling menguntungkan.

Duta Besar Budhy Santoso menegaskan optimisme dan komitmennya terhadap peningkatan hubungan bilateral kedua negara. Sejak awal tahun 2016, kedua negara telah mendorong pembahasan berbagai perjanjian bilateral dan inisiasi kerja sama di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan hingga kerja sama maritim.  

Sumber : Kbri Panama City