Duta Besar Indonesia menyerahkan Surat-surat Kepercayaan kepada Presiden Republik Kosta Rika

​​

Pada hari Kamis, 9 Juni 2016, Duta Besar Republik Indonesia untuk Panama merangkap Honduras, Kosta Rika dan Nikaragua, Budhy Santoso, telah menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada Presiden Republik Kosta Rika, Luis Guillermo Solis, setelah sebelumnya menyerahkan salinan Surat-surat Kepercayaan tersebut kepada Menteri Luar Negeri Kosta Rika, Manuel Gonzales.

Upacara kenegaraan penyerahan surat-surat kepercayaan yang dimulai dengan penyambutan Presiden Solis sejak Dubes RI turun dari kendaraan di beranda Istana Kepresidenan, berlangsung  sangat hangat dan khidmat. Setelah melakukan penghormatan kepada bendera kedua negara diiringi oleh lagu kebangsaan masing-masing, Dubes Budhy Santoso menyampaikan surat-surat kepercayaannya kepada Presiden Kosta Rika sebagai Duta Besar RI untuk Kosta Rika.

Dalam pertemuan setelah penyerahan surat-surat kepercayaan tersebut, Dubes RI menyampaikan bahwa mulai tahun 2016, penanganan hubungan bilateral antara Indonesia dan Kosta Rika akan dirangkap oleh KBRI Panama City setelah sebelumnya dirangkap oleh KBRI Mexico City. "Pertimbangan terbesar perubahan rangkapan ini adalah komitmen Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Kosta Rika dan jarak Panama yang secara geografis jauh lebih dekat daripada Meksiko", ungkap Dubes Budhy Santoso kepada Presiden Solis. Selain itu, Dubes RI juga menyampaikan pentingnya untuk mendorong pemahaman masyarakat tentang Indonesia dan Kosta Rika melalui penyediaan berbagai informasi sehingga masyarakat kedua negara dapat saling mengenal dengan lebih baik. "Hal ini pada gilirannya akan mendorong peningkatan people to people contact antara Indonesia dan Kosta Rika", imbuhnya. Secara terpisah, Dubes RI juga menyampaikan kepada Menteri Luar Negeri Kosta Rika mengenai potensi dan kualitas industri strategis Indonesia khususnya produk PT. Dirgantara Indonesia yang dipandang sesuai untuk kebutuhan Kosta Rika.

Presiden Solis yang didampingi oleh Menteri Luar Negeri Kosta Rika, Manuel Gonzales,  menyambut baik komitmen Pemerintah Indonesia untuk mempererat hubungannya dengan Kosta Rika. "Kosta Rika dan negara-negara di kawasan Amerika Tengah dan Karibia saat ini lebih melihat pentingnya negara-negara di Asia dan memandang Indonesia sebagai negara besar di kawasannya", ungkap Presiden Solis kepada Dubes RI. Presiden Solis juga menambahkan keinginannya untuk mendorong kerja sama selatan-selatan dimana Indonesia memegang peranan yang sangat penting. Dalam pertemuan tersebut, Presiden Solis juga menyinggung isu perubahan iklim dan pentingnya peranan Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.

Dubes RI dan Presiden Kosta Rika mengakhiri pertemuan yang berlangsung akrab tersebut dengan mengungkapkan harapan keduanya bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dan Kosta Rika di semua bidang akan semakin berkembang dan saling menguntungkan bagi kedua negara. Forum Konsultasi Bilateral antara Indonesia dan Kosta Rika yang baru melangsungkan pertemuan pertamanya pada tahun 2015, diharapkan menjadi platform yang efektif untuk mencapai peningkatan hubungan dan kerja sama antara kedua negara.​

Sumber: KBRI Panama City