Dekatkan Jarak Panamá-Indonesia melalui Presentasi di Azuero

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Jarak Panamá-Indonesia yang jauhnya hingga puluhan ribu kilometer terasa dekat ketika para civitas academica dari Centro Regional Universitario de Azuero (CRUA) di kota Chitre menikmati Tari Pendet dan Tari Cenderawasih yang disuguhkan oleh dua orang penari asal Meksiko.

 

Persembahan tarian ini diberikan sebagai apresiasi kepada CRUA yang telah mengundang KBRI Panamá City untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan “V Congreso Cientifico de la Region de Azuero” yang berlangsung dari tanggal 7 s.d. 11 Oktober 2013.

 

KBRI Panamá City mendapat kehormatan untuk memberikan presentasinya pada hari terakhir pelaksanaan kongres sekaligus menutup secara resmi kongres tersebut bersama-sama dengan Rektor, Direktur, Guru Besar, dan Panitia Penyelenggara.

 

Selain persembahan dua tarian, para civitas academica yang hadir juga berkesempatan menyimak presentasi singkat mengenai Indonesia dari sisi politik, ekonomi, sosial budaya, dan hubungan luar negeri.

 

“Pengenalan terhadap budaya dan pengetahuan umum mengenai Indonesia memang menjadi salah satu prioritas utama KBRI Panamá City, terutama untuk meningkatkan “people to people contact”, tutur Duta Besar RI dalam sambutannya.

 

Hal ini dipandang penting karena masih sedikit masyarakat Panamá yang mengetahui tentang Indonesia.

 

Partisipasi dalam kongres di CRUA ini juga dimanfaatkan untuk mempromosikan kesempatan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia kepada pelajar dan mahasiswa Panama yang berminat mempelajari bahasa, seni, dan budaya Indonesia.

 

Sejumlah mahasiswa/i terlihat tertarik dengan tawaran beasiswa ini, terlebih setelah mengetahui bahwa kedua penari asal Meksiko, Maria Graciela dan Laura Beatriz, pernah belajar bahasa, seni, dan budaya di Bali.

 

Rektor, Direktur, Guru Besar, dan Panitia Penyelenggara sangat berterima kasih atas waktu yang diluangkan oleh Duta Besar RI dan rombongan KBRI Panamá City untuk menghadiri acara kongres ini.

 

CRUA juga menyatakan bahwa tawaran beasiswa dan kesempatan kerjasama dengan universitas di Indonesia akan disambut dengan baik. (Sumber : KBRI Panama City)