Batik dan Tenun Ikat Indonesia hadir pada Fashion Week Panama

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Untuk pertama kalinya batik dan tenun ikat Indonesia hadir di Fashion Week Panama (FWP) yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Oktober 2013 bertempat di Centro de Convenciones Atlapa.

 

KBRI Panama City pada kesempatan ini memperkenalkan busana batik dan tenun ikat kepada kalangan mode dan masyarakat Panamá melalui penampilan karya designer Panama Isabel Chacín yang merancang 15 busana koleksinya dengan menggunakan perpaduan bahan batik dan tenun ikat Indonesia.

 

Rancangan busana cocktails dan prêt-à-porter dengan konsep baroque tersebut mendapat sambutan hangat selama fashion show yang juga dihadiri oleh pengamat mode asal Eropa dan Amerika Latin lainnya.

 

FWP 2013 merupakan acara tahunan yang dimulai sejak tahun 2002 dengan tujuan sebagai platform untuk mempromosikan designer Panama baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Oleh karenanya ajang FWP juga memberi kesempatan yang sempurna bagi KBRI Panama City untuk memperkenalkan beragam corak, warna, dan bahan kain khas Indonesia yang dapat menjadi referensi para designer Panama.

 

Industri fashion di Panama dalam beberapa tahun terakhir telah memberikan dampak yang signifikan pada evolusi dan pengembangan perdagangan dalam negeri, dan berhasil mengangkat pasar tekstil Panama untuk penggunaan lokal dan ekspor.

 

Diharapkan pengenalan terhadap batik dan tenun ikat Indonesia pada FWP 2013 dapat membuka peluang pasar tekstil Indonesia di Panama.

 

Partisipasi KBRI Panama City pada FWP 2013 merupakan wujud kerjasama dengan Universidad del Arte Ganexa (UAG) yang telah dijalin sejak tahun 2012, dengan menyumbangkan bahan batik dan kain tenun pada bulan Juli 2013 yang diterima langsung oleh designer Panama Isabel Chacín.

 

Penyerahan sumbangan ini dimuat dalam situs berita pada laman UAG, yaitu: http://www.ganexa.edu.pa/p/mas.html?id=43. Majalah mode Panama “Ellas” yang menjadi sponsor utama FWP 2013 juga memuat partisipasi KBRI Panama City dalam sebuah artikel pada edisi majalah no.1229, tanggal 04 Oktober 2013. (Sumber: KBRI Panama City)