Anak Indonesia turut serta dalam Kompetisi Baseball di Panama

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Mahatma Jain (10 tahun), putra dari pasangan Carlos Jain dan Ida Ayu Sukmayuni, WNI yang telah menetap selama 11 tahun di Panama, turut serta dalam Kompetisi Nasional Baseball Tingkat Sekolah Dasar mewakili Propinsi Los Santos, Panama. Kejuaraan Campeonato Nacional de Beisbol Inter Primario merupakan kejuaraan tahunan Kementerian Pendidikan Panama (Meduca) yang pada tahun 2013 diselenggarakan di kota Changuinola, Propinsi Bocas del Toro. Cabang olahraga baseball, khususnya untuk usia 10-15 tahun, merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Panama dan telah berhasil merebut berbagai kejuaraan tingkat regional dan internasional pada beberapa tahun terakhir.

 

Kejuaraan Campeonato Nacional de Beisbol Inter Primario 2013 diikuti oleh 5 (lima) Propinsi Panama yang masuk kualifikasi nasional, yaitu Propinsi: Colón, Panamá, Veraguaz, Los Santos, dan Bocas de Toro. Atas undangan  Señor Ernesto Domínguez, Director Regional de Educación Meduca, rombongan KBRI Panama City hadir untuk memberi dukungan dan menyaksikan acara parade pembukaan dan pertandingan awal kejuaraan yang diselenggarakan selama tanggal 13-18 September 2013. Pada pertandingan hari pertama Tim dari Propinsi Los Santos menang 4-2 melawan Propinsi Colón sehingga berhak maju pada babak berikutnya.

 

Kunjungan ke propinsi Bocas del Toro sekaligus dimanfaatkan untuk meninjau tempat wisata utama di beberapa pulau di lautan Karibia. Kegiatan yang paling populer adalah wisata dengan perahu ke pantai-pantai pasir putih, selancar,  snorkling, diving, atraksi lumba-lumba, menelusuri hutan, agrowisata dan lain-lain. Di Panama, tempat wisata Bocas del Toro merupakan tujuan wisata utama turis mancanegara setelah Terusan Panama.

 

Sebagian hotel dan restoran yang terletak di sembilan kepulauan utama propinsi Bocas del Toro yang pada umumnya masih sederhana, merupakan peluang bagi pemasukan produk-produk Indonesia seperti outdoor living, knockdown house, furniture bambu dan rotan, keramik, lantai, building material, stone and marble serta bahan-bahan konstruksi lainnya sebagaimana banyak diminati oleh beberapa pengusaha Panama.

 

Kehadiran rombongan KBRI Panama City pada kompetisi Baseball serta Kunjungan ke tempat wisata di pulau Colon propinsi Bocas del Toro merupakan potensi hubungan ekonomi dan sosial budaya yang dapat dikerjasamakan serta dikembangkan antara Indonesia dan Panama. (Sumber : KBRI Panama City)

 

?