Pertemuan Para Kepala Perwakilan Asean Di Ottawa Dengan Speaker Of The House Of Commons Kanada

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Ottawa, 20 Oktober 2011
 
Indonesia menjadi tuan rumah pelaksanaan pertemuan para Kepala Perwakilan Negara-Negara Anggota ASEAN di Ottawa dengan tamu kehormatan  Speaker of the House of Commons Kanada, The Hon. Andrew Scheer, M.P. pada tanggal 20 Oktober 2011 di Wisma Indonesia. The Hon. Andrew Scheer, M.P. baru dilantik pada bulan Juni 2011, dan kehadirannya dalam pertemuan tersebut menandai keinginan Kanada untuk lebih meningkatkan kerjasama dengan negara-negara di Asia Tenggara, sebagaimana ia ungkapkan bahwa salah satu misi Speaker of the House of Commons adalah menjalankan diplomasi dengan negara-negara ASEAN, dan ini merupakan momentum yang ditunggu. Saatnya Kanada untuk lebih fokus pada peluang yang besar di kawasan Asia Tenggara bagi kepentingan Kanada di masa mendatang.
 
Pertemuan tersebut difokuskan pada upaya mempererat hubungan ASEAN Committe in Ottawa (ACO) dengan Parlemen Kanada dalam kerangka peringatan 35 Tahun Dialog Kemitraan ASEAN-Kanada Tahun 2012. Kedua pihak berharap setelah pertemuan tersebut, ACO dan Parlemen Kanada dapat lebih banyak bertemu, antara lain untuk membahas berbagai joint activity terkait peringatan tersebut.
 
Indonesia berkesempatan untuk menyampaikan berbagai informasi tentang ASEAN dan capaiannya dalam kurun waktu kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun 2011, antara lain Finalisasi dan adopsi Guidelines for the Implementation of the Declaration on the Conduct Parties in the South China Sea (DOC) pada bulan Juli 2011, upaya ASEAN mendorong penandatanganan South East Asia Nuclear Weapon Zone (SEANWFZ) Protocol oleh negara-negara pemilik senjata nuklir demi menjaga kawasan Asia Tenggara bebas nuklir, komitmen ASEAN untuk menanggulangi people smuggling dan trafficking in persons melalui kerjasama bilateral dan regional, termasuk Bali Process on People Smuggling, Trafficking in Persons and Related Transnational Crime dan rencana penyelenggaraan East Asia Summit dengan partisipasi Amerika Serikat dan Rusia di Bali, November 2011.
 
The Hon. Andrew Scheer, M.P. menekankan bahwa kini tantangan yang dihadapi masyarakat regional dan global semakin besar, sehingga suatu negara tidak dapat berdiri sendiri dalam menghadapinya. Kanada menekankan pentingnya bekerjasama dengan berbagai organisasi regional, termasuk ASEAN yang cakupannya luas, guna mengatasi berbagai tantangan ekonomi maupun keamanan, seperti masalah terorisme dan penyelundupan manusia.
 

Dari pertemuan tersebut, berbagai manfaat penting yang dapat diambil antara lain:
  1. Terbukanya peluang untuk menghidupkan kegiatan-kegiatan antar Parlemen kedua pihak, serta kemungkinan membentuk Kaukus ASEAN dalam Parlemen Kanada.
  2. Asia Tenggara menjadi fokus perhatian Kanada dan dalam masa tugasnya, The Hon. Andrew Scheer, M.P. merencanakan berkunjung ke negara-negara ASEAN
  3. Selain menggalang konektivitas ASEAN-Kanada, kegiatan ini juga mempererat konektivitas internal ASEAN.
  4. Penjajagan program dan kegiatan antar Parlemen terkait peringatan 35 Tahun Dialog Kemitraan ASEAN-Kanada, khususnya melanjutkan dan mengaktifkan kembali hubungan Canada-Indonesia Inter Parliamentary Friendship Group (CIPFG). (CR)