Mendukung Program Pemerintah Mencapai 12 Juta Wisatawan Mancanegara, KBRI Ottawa Telah Berpartisipasi Dalam Ottawa Travel A

​KBRI Ottawa telah berpartisipasi dalam Pameran Pariwisata dan Liburan Ottawa (Ottawa Travel and Vacation Show, OTVS) yang berlangsung di Ottawa Convention Center (OCC), selama 2 hari berturut-turut, yaitu 28-29 Maret 2015.

Lebih dari 181 exhibitor memenuhi sekitar 250 paviliun yang disediakan oleh pihak penyelenggara pameran. Pameran tahunan dengan tema pariwisata dan liburan ini diikuti oleh perwakilan diplomatik dari negara-negara sahabat, kantor-kantor pariwisata negara-negara sahabat, perusahaan-perusahaan yang terkait dengan bisnis pariwisata dan liburan (spt: kesehatan, ansuransi, peralatan liburan, perusahaan bus, perusahaan penerbangan, perusahaan kapal pesiar, restoran, hotel/akomodasi, dll) dan perwakilan propinsi-propinsi dan teritori Kanada. Disamping paviliun individual, panitia juga menyediakan 2 lokasi khusus untuk kegiatan demo masak dan presentasi paket-paket perjalanan khusus.

Beberapa Kantor Kedutaan Besar negara sahabat yang juga berpartisipasi dalam OTVS 2015 antara lain: Afrika Selatan, Ukraina, Estonia, Jepang, Lesotho, Latvia, Lithuania, Polandia, Uganda, Tanzania, dan Uni Eropa.

Disamping itu, terdapat juga, negara-negara yang diwakili oleh lembaga Tourism Board-nya, seperti: Bahama, Barbados, Tiongkok, Kroasia, Dominika, India, Jamaika, Grenada, Jepang, Yordania, Korea Selatan, Meksiko, Polandia, Puerto Rico, Rumania, Taiwan, Spanyol, Trinidad dan Tobago, Tunisia dan Turki.

Disamping menampilkan berbagai informasi mengenai tujuan pariwisata di Indonesia, Paviliun Indonesia juga mendiseminaskan informasi mengenai sektor perdagangan dan transportasi di Indonesia, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sektor pariwisata Indonesia. Makanan kecil Indonesia yang telah memasuki pasar Kanada, dibagikan kepada para pengunjung paviliun Indonesia, termasuk informasi mengenai rencana penyelenggaraan Trade Indonesian Expo 2015 mendatang.

Duta Besar RI Dr. T. Faizasyah, mengemukakan bahwa tujuan partisipasi KBRI Ottawa pada OTVS 2015 adalah untuk mendukung pencapaian target wisatawan manca negara, yakni dengan total 12 juta pada tahun 2015. Kanada sendiri selama ini memiliki kontribusi 50-56 ribu wisatawan ke Indonesia setiap tahunnya. Angka ini masih sangat memungkinkan untuk meningkat, karena tingginya minat para wisatawan asal Kanada untuk melakukan perjalanan pariwisata.

Disamping karena faktor musim dingin yang panjang di Kanada (3-4 bulan), yang membuat wilayah-wilayah tropis menjadi tujuan utama warga Kanada, faktor tingginya pendapatan perkapita atau kesejahteraan juga menjadi faktor lain dari tingginya minat kunjungan atau liburan warga Kanada keluar negeri. Faktor lain yang juga mendukung adalah faktor hubungan psikologis antara warga negara Kanada dengan negara-negara asal imigrasi masyarakat Kanada itu sendiri (sebagai catatan, lebih 80% dari warga negara Kanada adalah merupakan kelompok imigran/pendatang). Dalam konteks Indonesia, disamping keberadaan diaspora Indonesia dan keluarga, di Kanada juga terdapat banyak imigran Belanda yang generasi pendahulunya pernah menetap di Indonesia. Potensi lain yang bisa ditawarkan Indonesia ke wisatawan asal Kanada adalah wisatawan eco-tourism, diving/snorkling, surfing, kuliner dan religi.

Beberapa terobosan telah mulai dilakukan untuk mendukung pencapaian program pemerintah di bidang pariwisata oleh KBRI Ottawa, antara lain melalui kegiatan Indonesia Embassy Day, pendekatan kepada para travel writer Kanada, melakukan diseminasi informasi pariwisata Indonesia melalui berbagai media sosial yang dimiliki oleh Perwakilan (website, facebook dan twitter). menyisipkan unsur promosi pariwisata dalam berbagai kegiatan KBRI dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan diaspora Indonesia di Kanada.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan Kanada yang berkunjung ke Indonesia dalam 3 tahun terakhir memperlihatkan trend meningkat, yakni 54.287 wisatawan (tahun 2011), 56.201 (2012) dan 56.798 (2013). (Sumber: KBRI Ottawa/TL)​