Kunjungan Kerja Komisi V DPR-RI ke Ottawa dan Montreal tentang Infrastruktur Transportasi Darat, 15-16 November 2011

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Komisi V DPR-RI yang menangani bidang pekerjaan umum, transportasi, perumahan rakyat, pembangunan daerah tertinggal, meteorologi, klimatologi dan geofisika, mengadakan kunjungan ke Kanada, 13-19 November 2011 (ke Vancouver, 13-14 November 2011, Ottawa dan Montreal, 15-16 November 2011 dan Toronto, 16-19 November 2011). Ir. H. Mulyadi memimpin Delegasi Komisi V yang terdiri dari 14 (empat belas) anggota, termasuk Ketua Komisi V, Dra. Yasti Soepredjo Mokoagow. Tujuan kunjungan yaitu mempercepat proses pembangunan dan perbaikan jalan, dan mempersiapkan revisi Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang jalan, sehingga terdapat kesesuaian dengan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam kerangka tersebut, perlu mempelajari infrastruktur pembangunan jalan dan jembatan, lembaga-lembaga penanggung jawabnya, sistem anggarannya dan proses pembuatan kebijakan.

Pada tanggal 15 November 2011, Delegasi bertemu dengan The Honourable Denis Lebel, M.P.,  Minister of Transport, Infrastructure and Communities Kanada, bertemu dengan staf KBRI Ottawa dan kunjungan lapangan ke Champlain Bridge dan Jacques-Cartier Bridge di Montreal, dengan pemandu dari Federal Bridge Corporation Limited Kanada. Pada tanggal 16 November 2011, Delegasi bertemu dengan The Honourable Rona Ambrose, P.C., M.P., Minister of Public Works and Government Services dan Minister for Status of Women Kanada serta bertemu dengan Mr. Gerald Keddy, M.P., Parliamentary Secretary to the Minister of International Trade, for the Atlantic Canada Opportunities Agency and for the Atlantic Gateway.

Berdasarkan serangkaian pertemuan tersebut, pengelolaan sistem transportasi di Kanada (transportasi darat) memiliki 4 (empat) unsur utama penanggung jawab, yaitu Pemerintah Federal, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Teritori (masih dalam ruang lingkup Federal) dan Pemerintah Municipality, supaya terdapat kejelasan mengenai sumber anggaran pembangunan dan pemeliharaan jalan di Kanada. Untuk National Highway System (NHS) sepanjang 38.000 km yang tersebar di berbagai wilayah Kanada, Pemerintah Federal membiayai sebagian anggaran pembangunan dan pemeliharaannya, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi/Teritori/Municipality yang dilalui oleh jalan-jalan yang termasuk dalam NHS. Untuk memastikan bahwa kualitas jalan yang berlokasi di suatu Provinsi tertentu setara dengan kualitas jalan di Provinsi lainnya, lembaga-lembaga terkait memiliki agenda pertemuan rutin yang memungkinkan Provinsi-Provinsi di Kanada memiliki persamaan persepsi mengenai hal tersebut. Hal ini memperkecil kemungkinan kesenjangan kualitas jalan di wilayah Kanada.

National Policy Framework for Strategic Gateways and Trade Corridors yang diberlakukan tahun 2007, sejalan dengan Asia Pacific Gateway and Corridor Initiative (APGCI) yang diluncurkan tahun 2006, membuktikan bahwa Kanada siap dengan dinamika perdagangan global yang membutuhkan jaringan transportasi yang mendukung. Pendekatannya melalui kemitraan yang kuat antara Pemerintah dan Swasta serta peningkatan  infrastruktur yang terintegrasi, efisien, mengutamakan keselamatan dan keamanan, serta berkesinambungan. Kebijakan ini (1) membantu Kanada untuk fokus pada strategi investasi di bidang infrastruktur transportasi, yang menjadi salah satu pendukung utama kesejahteraan ekonomi Kanada; (2) mendorong peningkatan Public Private Partnership (PPP).

Sejak APGCI dilaksanakan, proyek kemitraan tersebut telah mencapai lebih dari CAD 3,5 milyar, termasuk kontribusi total dari Pemerintah Federal sebesar CAD 1,4 milyar. Pemerintah Federal Kanada menekankan bahwa pihak swasta sangat efektif, efisien dan kompetitif, sehingga kerjasama mereka sangat diperlukan. Pemerintah Federal memastikan bahwa pihak swasta bekerja sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kesuksesan sistem transportasi di Kanada, termasuk pembangunan dan pemeliharaan infrastrukturnya, terletak pada koordinasi yang erat antara Pemerintah Federal, Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Teritori, Pemerintah Municipality, dan pihak swasta.

High level visit Ketua, Wakil Ketua dan anggota Komisi V DPR-RI ke Kanada, adalah wujud konkrit tindak lanjut kesepakatan Indonesia-Kanada dalam Bilateral Consultative Forum yang diselenggarakan di Ottawa, 6 Mei 2011.

Sumber: KBRI Ottawa