Kunjungan Kerja Delegasi Kementerian Kehutanan dan Anggota Komisi IV DPR RI ke Ottawa, Kanada

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Delegasi Kementerian Kehutanan dan anggota Komisi IV DPR RI mengadakan kunjungan kerja ke Ottawa, Kanada, 13 – 15 Desember 2011 untuk melakukan penjajakan kemungkinan kerja sama Indonesia – Kanada dalam bidang social forestry dan melakukan studi banding tentang manajemen hutan rakyat Limerick Forest di Provinsi Ontario. Delegasi dipimpin oleh Dr. Ir. Harry Santoso, Dirjen Bina Pengelolaan DAS dan Perhutanan Sosial, Kementerian Kehutanan RI.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Delri mengadakan pertemuan dengan Canadian Forest Service, Forest Communities Program; Canadian International Development Agency (CIDA); Forest Products Association Canada (FPAC); International Model Forest Network (IMFN), serta pimpinan dari model forest lain di wilayah Kanada seperti Eastern Ontario Model Forest, Clayquot Forest Community dan Fundy Model Forest. Pada kesempatan tersebut, Delri juga mengadakan teleconference dengan pajabat kehutanan Provinsi British Columbia.

Delri juga mengadakan peninjauan lapangan ke Limerick Forest, guna melihat langsung kondisi hutan komunitas di Provinsi Ontario. Dalam kunjungan tersebut, Delri memperoleh penjelasan mengenai sejarah Limerick Forest, sistem manajerial, serta strategi mengelola kawasan hutan dan program-pogram yang dijalankan bekerja sama dengan kalangan sukarelawan. Dalam hal ini, kerjasama yang diusulkan pihak Indonesia kepada pihak Kanada antara lain adalah di bidang Sister Social Forestry antara hutan di Provinsi DI Yogyakarta dan Limerick Forest.

Kunjungan ini bukan saja membuka peluang kerjasama di sektor kehutanan antara Indonesia  dan Kanada berdasarkan asas saling menguntungkan, tetapi merupakan salah satu wujud konkrit kedua negara untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerjasama di berbagai bidang.