Tingkatkan Jumlah Mahasiswa Indonesia di Jepang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tanggal 27 Januari lalu, Duta Besar RI untuk Jepang, Muhammad Lutfi, didampingi staf KBRI Tokyo dan KJRI Osaka bertemu dengan Presiden Kyoto University Hiroshi Matsumoto dan beberapa pejabat serta pengajar dari Kyoto University. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menambah jumlah mahasiswa Indonesia untuk belajar di Jepang. Dubes RI menyampaikan bahwa Bappenas memiliki kerangka beasiswa Program for Strengthening Institutional Reform (Spirit Project) tahun 2010-2014 bagi para PNS. Beasiswa ini direncanakan akan diberikan kepada sekitar 3.200 calon unggulan, dan untuk Jepang sendiri Dubes RI ingin mengirimkan 200 calon dalam 2-3 tahun mendatang. Untuk tahun 2011, diharapkan 50 calon dari Indonesia dapat diterima di Kyoto University. Presiden Kyoto University menyambut gembira hal ini. Menurutnya mahasiswa Indonesia merupakan pelajar yang cerdas dan penuh keahlian. "Program-program kekhususan di bidang energi, ketahanan pangan dan lingkungan hidup mungkin bisa menjadi referensi bagi para calon mahasiswa PNS tersebut", tuturnya. Sementara itu, pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikannya juga memiliki program beasiswa Global 30 (G30) yang bertujuan mendorong universitas-universitas di Jepang menjadi institusi pendidikan bertaraf global. Untuk program tersebut, di beberapa universitas Jepang dibuka kelas dalam bahasa Inggris. Terkait program tersebut, pengajar dari Kyoto University melihat pentingnya mensosialisasikan program S1 ke berbagai SMU di Indonesia untuk menyaring calon-calon mahasiswa yang potensial. Saat ini, Department of Urban Management Kyoto University juga sedang melakukan kunjungan ke SMA Muhammadiyah I Yogyakarta, SMA 3 Bandung, JIS, SMA Canisius, SMA Labschool Rawamangun, SMA 8, SMA Al Azhar 3 dan Surya Institute di Indonesia. Dubes RI mendukung kunjungan ke Indonesia tersebut dan berharap beberapa kepala sekolah di Indonesia serta Bappenas juga dapat datang ke Jepang untuk melihat langsung universitas-universitas unggulan yang ada.