Pertemuan Dirjen PEN dan Dirjen METI Kansai Bahas Kerjasama Perdagangan

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan RI, Ibu Arlinda, melakukan pertemuan sambil makan siang dengan Dirjen baru Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Kantor Wilayah Kansai, Mr. Kiyoshi Mori, di Osaka 12 Juli 2017. Hadir dalam pertemuan Konsul Jenderal RI di Osaka, Bapak Wisnu E. Pratignyo. Mereka membahas upaya peningkatan hubungan dan kerjasama ekonomi, khususnya perdagangan, antara RI dan Jepang.

 

Dalam sambutannya, Konjen Wisnu menyampaikan selamat atas pengangkatan Mr. Mori sebagai Dirjen METI yang baru untuk Kansai paa awal Juli 2017 ini dan berharap dapat lebih meningkatkan perdagangan bilateral yang berapa tahun terakhir volumenya menurun. Dirjen PEN lalu menambahkan bahwa salah satu cara meningkatkan kerjasama perdagangan adalah menghadirkan pengusaha Jepang pada Trade Expo Indonesia (TEI), di Jakarta 11-15 Oktober 2017.

 

Sementara itu, memanfaatkan pertemuan dengan pejabat Indonesia, Mr. Mori meminta dukungan untuk pencalonan Kota Osaka sebagai tuan rumah World Expo Osaka 2025, yang pemilihannya dilakukan di Paris November 2018.

 

Pada akhir pertemuan, Dirjen PEN dan Dirjen METI sepakat dengan usulan Konjen Wisnu untuk meningkatkan kerjasama ekonomi bilateral, yakni meminta bantuan METI untuk mempertemukan dirinya dengan beberapa pengusaha Kansai dalam suatu forum. Pertemuan dimaksud untuk memperoleh masukan dari pengusaha Jepang mengenai tantangan dan hambatan berbisnis dengan Indonesia.