Museum Tsunami Aceh Jalin Kerja Sama dengan Tsunami Educational Center di Kota Hirokawa

Pada tanggal 16 Januari 2016, di Kota Hirokawa Prefektur Osaka telah ditandatangani perjanjian kemitraan antara Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh dengan Inamura-no-Hi noyakata (Tsunami Educational Center) di Kota Hirokawa, Prefektur Wakayama. Penandatanganan perjanjian dilakuka oleh General Manager Museum Tsunami Aceh, Tomy Mulia dengan Walikota Hirokawa, Mr. Toshiki Nishioka.

Melalui perjanjian tersebut kedua pihak sepakat melaksanakan kerja sama dengan dilandaskan pada niat baik dan kemitraan antara lain melalui:

-       Pengenalan informasi terkait Tsunami, termasuk dari segi sejarah, budaya dan pendidikan pencegahan bencana yang menjadi tanggung jawab masing-masing pihak melalui berbagai jalur.

-       Pertukaran informasi terkait pencegahan bencana tsunami dalam rangka peningkatan peran kedua institusi di bidang disaster management.

Upacara penadatanganan perjanjian juga disaksikan oleh anggota parlemen Jepang asal Prefektur Wakayama, Mr. Toshihiro Nikai. Sedangkan di pihak Indonesia hadir pada upacara dimaksud Duta Besar RI-Tokyo, Yusron Ihza Mahendra, Konsul Jenderal RI Osaka, Wisnu Edi Pratignyo; Direktur GIS dan Data Spatial Data Laboratory Univeritas Syah Kuala, Huzaiki Affa.

Diharapkan melalui pendantanganan kesapakatan terebut, dapat ditingkatkan kerja sama antara kedua museum dan juga kerja sama antar masyarakat yang sama-sama pernah mengalami bencana Tsunami.​