Upacara dan Syukuran Peringatan HUT RI ke-65 di Noumea

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-65, Konsulat Jenderal RI di Noumea (KJRI Noumea) menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih bertempat di pelataran kantor KJRI Noumea pada tanggal 17 Agustus 2010 tepat pukul 09.00 waktu setempat. Upacara berlangsung dengan tertib dan hikmat dipimpin oleh Acting Konsul Jenderal RI di Noumea, Sulastriningsih sebagai Pembina Upacara dan Pejabat Komunikasi pada KJRI Noumea, Suyoto sebagai Pemimpin Upacara. 

Upacara kali ini dihadiri oleh sekitar 100 orang anggota komunitas Indonesia dan keturunannya di Kaledonia Baru. Dalam amanatnya, Acting Konsul Jenderal RI menyampaikan kembali pesan-pesan yang disampaikan oleh Presiden RI dalam pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke 65 proklamasi Kemerdekaan RI di depan sidang bersama DPR RI dan DPRD RI pada tanggal 16 Agustus 2010, antara lain mengenai tahapan penting dalam sejarah 65 tahun Republik Indonesia, dan menyikapi tantangan ke depan.

Kemudian tepat pada pukul 17.00 waktu setempat, acara peringatan dilanjutkan dengan upacara penurunan Bendera Merah Putih dan pemberian hadiah bagi para pemenang lomba yang telah diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-65 pada tanggal 18, 25 dan 31 Juli 2010. Malam harinya diadakan acara Syukuran Peringatan HUT RI ke-65 yang dibarengi dengan acara buka puasa bersama. Rangkaian acara sore dan malam ini dihadiri oleh sekitar 200 orang anggota komunitas Indonesia dan keturunannya di Kaledonia Baru.

Acting Konsul Jenderal RI dalam sambutannya pada acara Syukuran menyampaikan ajakan kepada seluruh hadirin untuk meningkatkan rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan, saling hormati dan tolong-menolong dalam rangka menjaga citra positif Indonesia pada khususnya dan komunitas Indonesia dan keturunannya di Kaledonia Baru pada umumnya. Pada kesempatan ini juga, Acting Konsul Jenderal RI melakukan tradisi potong tumpeng dan menyerahkan potongan pertama kepada Bapak Djintar Tambunan dan Ibu Toukina Sabeni selaku sesepuh komunitas Indonesia dan keturunannya di Kaledonia Baru. Bagi umat muslim,  rangkaian acara hari ini ditutup dengan acara sholat tarawih berjama’ah di aula KJRI Noumea.