Tari Jaipong Menggoyang Farino

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Farino, kota kecil di daerah pegunungan di selatan New Caledonia menjadi sorotan masyarakat New Caledonia di minggu pagi 12 Desember 2010. Tepat pada hari itu, perayaan ulang tahun pasar balaikota Farino yang ke-23 digelar. Perayaan HUT pasar ini berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 12.30 dan diselenggarakan oleh kantor balaikota Farino.

 

Para pedagang yang tidak hanya berasal dari Farino tetapi juga dari kota-kota lain seperti Ouégoa, Voh, Houaïlou dan Bourail turut meramaikan perayaan tersebut. Berbagai aneka kebutuhan rumah tangga dijual dengan harga yang lumayan murah, mulai dari bermacam-macam sayuran segar, ikan, daging, buah-buahan, pakaian hingga perhiasan batu-batuan. Tidak heran jika 120 kios pedagang selalu dipadati pengunjung yang datang dari berbagai kota di New Caledonia.

 

Sambil berbelanja, pengunjung pasar Farino dihibur oleh pertunjukan seni. Pagelaran seni dibuka dengan beberapa tarian dari etnis Wallis yang ditampilkan oleh 10 remaja. Suasana pasar Farino yang dingin menjadi hangat dan semakin meriah ketika tim KJRI Noumea menampilkan tari Jaipong yang dibawakan oleh Siti Rukiah (Alit). Antusiasme pengunjung terlihat jelas seiring gerak dinamis sang penari Jaipong.

 

Perayaan ini kemudian ditutup dengan pembagian secara gratis hidangan cochon de noël oleh Walikota Farino, Madame Ghislaine Arlie kepada para pengunjung pasar.