Soirée Culturelle Indonésienne

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kegiatan Soirée Culturelle Indonésienne telah diselenggarakan oleh KJRI Noumea di aula KJRI Noumea pada 23 November 2010 pukul 19.00. Sekitar 50 tamu undangan yang terdiri dari biro travel dan wisatawan Kaledonia Baru hadir dalam acara tersebut.

 

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI Noumea menyampaikan ucapan terimakasih kepada tamu undangan yang hadir. Konjen RI juga mengemukakan tujuan dari kegiatan ini, yaitu  untuk mengapresiasi peran travel biro dalam memperkenalkan pariwisata dan sekaligus guna mendapatkan saran serta pendapat mengenai pariwisata Indonesia.

 

Pada kesempatan ini, ditampilkan film tentang pariwisata Indonesia dan alat musik Angklung, pertunjukan musik Angklung oleh Tim Angklung KJRI dengan persembahan lima buah lagu Prancis dan Indonesia serta pementasan tari Gambyong.

 

Acara menjadi semakin hidup ketika sesi diskusi dibuka. Para tamu undangan menyampaikan kritik, saran dan pendapatnya terkait pariwisata Indonesia, seperti brosur wisata dan formulir visa versi bahasa Prancis, antrian visa on arrival  yang lama di Bandara Ngurah Rai Denpasar, dan perlunya layanan penerbangan langsung Noumea – Jakarta.

 

Kegiatan promosi ini ditutup dengan acara ramah tamah dan tamu undangan mencicipi aneka hidangan khas Indonesia seperti nasi goreng, mie ayam dan sate. Selain itu juga dibagikan 4 (empat) buah lucky draw dan barang-barang souvenir.

 

Soirée Culturelle Indonésienne diselenggarakan terkait dengan potensi wisata Indonesia bagi wisatawan Kaledonia Baru yang cukup besar. Wisatawan dari Kaledonia Baru ke Indonesia setiap tahunnya sekitar 1100-1500 orang, belum termasuk jumlah turis yang menggunakan fasilitas visa-on-arrival. Untuk itu, kegiatan dalam rangka promosi wisata Indonesia di Kaledonia Baru akan terus diselenggarakan dan perbaikan-perbaikan pelayanan yang menunjang kemajuan pariwisata Indonesia juga siap untuk dilakukan.