Perayaan Idul Fitri 1431 H di KJRI Noumea

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kegembiraan menyambut hari raya Idul Fitri 1431 H di lingkungan KJRI Noumea diawali dengan acara malam takbiran yang digelar pada tanggal 9 September 2010 mulai pukul 19.30 waktu setempat. Gema takbir dan tahmid dikumandangkan puluhan masyarakat Indonesia dan keturunannya di Kaledonia Baru yang memenuhi Aula KJRI Noumea guna menyambut datangnya Idul Fitri 1431 H yang jatuh keesokan harinya.

Puncak acara perayaan “hari kemenangan” tersebut ditandai dengan pelaksanaan Shalat Ied yang dilaksanakan di Aula KJRI Noumea pada tanggal 10 September 2010. Puluhan umat Islam yang merupakan anggota komunitas Indonesia di Kaledonia Baru mulai kembali memadati Aula KJRI Noumea sejak pukul 7 pagi untuk kembali mengumandangkan takbir dan tahmid yang kemudian dilanjutkan dengan Sholat Ied berjamaah. Akhirnya tepat pukul 08.00 waktu setempat, Shalat Idul Fitri 1431 H dilaksanakan dengan Bapak Haji Zainin Ridwan bertindak selaku Imam dan Khatib.

Mengingat rangkaian kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama yang erat antara KJRI Noumea dengan Persatuan Umat Islam Masyarakat Indonesia dan Keturunan di Kaledonia Baru (PUIMIK), maka Acting Konsul Jenderal R.I di Noumea, Ibu Sulastriningsih dalam kesempatan memberikan sambutan setelah pelaksana Shalat Ied menyempatkan diri untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap pengurus dan anggota PUIMIK. Atas bantuan dan kerjasama dari PUMIK, sekali lagi KJRI Noumea dapat memfasilitasi keinginan komunitas Indonesia di Kaledonia Baru yang ingin merayakan hari raya sebagaimana yang pernah mereka rasakan di Indonesia.

Namun lebaran tentunya tidaklah sempurna tanpa bermaaf-maafan dan hidangan lebaran khas Indonesia seperti ketupat, opor ayam dan lain-lain. Sehubungan dengan hal tersebut, Acting Konsul Jenderal R.I. mengundang seluruh anggota komunitas Indonesia di Kaledonia Baru dan undangan lainnya untuk hadir dalam acara halal bihalal dengan segenap keluarga besar KJRI Noumea yang dilaksanakan di Aula KJRI Noumea pada pukul 17.00 – 19.00 waktu setempat.

Untuk kedua kalinya dalam satu hari, halaman kantor KJRI Noumea kembali dipadati anggota komunitas Indonesia di Kaledonia Baru yang ingin mengikuti acara halal bihalal. Sejak pukul 17.00, ratusan orang sudah mendatangi Kantor KJRI Noumea yang terletak di wilayah Orphelinat untuk bermaaf-maafan dan mencicipi hidangan lebaran khas Indonesia. Ajang ini juga dimanfaatkan para anggota Komunitas Indonesia untuk mempererat tali silaturahmi diantara hadirin.

Akhirnya, pada kesempatan yang indah ini, segenap Keluarga Besar KJRI Noumea mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H serta mohon maaf lahir dan bathin.