Journée Récréative menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-65 di Kaledonia Baru

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sudah menjadi tradisi bertahun-tahun, Persatuan Masyarakat Indonesia dan Keturunannya di Kaledonia Baru (PMIK) dengan didukung oleh KJRI Nouméa dan perkumpulan kemasyarakatan Indonesia lainnya di Kaledonia Baru menyelenggarakan acara Journée Récréative dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-65. Sesuai dengan tradisi juga, acara ini diselenggarakan pada weekend pertama setelah tanggal 17 Agustus tiap tahunnya.

 

Journée Récréative menampilkan live performance berupa tari-tarian dan lagu-lagu serta bazar produk-produk khas Indonesia. Acara diawali dengan sambutan dari Acting Konsul Jenderal RI di Noumea, Sulastriningsih dan dibuka dengan resmi oleh Ketua PMIK, Djintar Tambunan. Acting Konsul Jenderal RI dalam sambutannya mengingatkan kembali tentang maksud dan tujuan diselenggarakannya acara ini. Selain sebuah acara dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI, Journée Récréative ini merupakan sebuah ajang yang baik bagi Masyarakat Indonesia dan keturunannya yang berada di luar wilayah Indonesia untuk memupuk kembali rasa kecintaan terhadap tanah air dan leluhurnya serta mempererat tali silarurahmi diantara mereka.

 

Kemudian acara di panggung utama dilanjutkan dengan acara penyerahan hadiah oleh Ketua PMIK dan Acting Konsul Jenderal RI kepada para pemenang lomba dari cabang olah raga sepak bola dan bulutangkis. Perlombaan tersebut termasuk rangkaian acara yang diselenggarakan PMIK untuk memeriahkan HUT Kemedekaan RI ke-65 dan diikuti oleh banyak perkumpulan olah raga di Kaledonia Baru.

 

Acara selanjutnya menampilkan tari-tarian tradisional Indonesia, seperti tari Guyub Desa dan tari Marga Pati serta beberapa tari Indonesia kreasi modern seperti Goyang Semarangan, tari Rara Ngiggel dan tari Satria Tangguh. Kelompok Gamelan dan Angklung binaan KJRI Noumea juga tidak ketinggalan untuk memeriahkan hari ini dengan menampilkan permainan musik khas Indonesia.

 

Sedang bazaar menampilkan stan-stan milik perkumpulan-perkumpulan kemasyarakatan Indonesia serta stan milik kelompok Dhama Wanita Persatuan dan Korpri KJRI Noumea. Pada stan-stan tersebut dijual dan dipamerkan beraneka ragam makanan dan barang-barang khas Indonesia.     

 

Acara ini mengambil tempat di Wisma Indonesia (Foyer Indonésien) yang merupakan sebuah bangunan serba guna milik PMIK yang berdiri di atas tanah seluas 5 hektar di wilayah Mont-Dore.  Pihak panitia memperkiraan bahwa sejak acara dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat hingga berakhirnya acara pada jam 16.00, sekitar 3.000 orang telah memadati area Wisma Indonesia untuk menikmati semua hal yang disuguhkan pada Journée Récréative kali ini.

 

Ketua PMIK selaku ketua panitia pelaksana mengungkapkan bahwa dirinya bahagia dan puas karena acara ini telah berhasil mendatangkan banyak masyarakat Indonesia dan keturunannya di Kaledonia Baru untuk kembali berkumpul bersama serta bernostalgia dengan kebudayaan leluhurnya. Selain itu, tradisi untuk menyelenggarakan acara semacam ini dapat terus dipertahankan hingga hari ini. Oleh karenanya, sampai jumpa lagi pada acara yang sama tahun depan. Dirgahayu Republik Indonesia !