Bis Kota Noumea Promosikan Wonderful Indonesia

Sejak beberapa hari yang lalu, logo Wonderful Indonesia menjelajahi Noumea, New Caledonia. Bis kota dengan poster Wonderful Indonesia terpasang di bagian belakangnya, mengelilingi seluruh jalur utama di Noumea dari pukul 5 pagi hingga 7 malam, dengan gambar Candi Borobudur, Danau Kintamani, topeng Barong, penari Bali, dan seorang wanita yang sedang melakukan perawatan spa. Juga terdapat alamat situs resmi pariwisata Indonesia, www.indonesia.travel

 

“Selain mengikuti berbagai pameran dan pergelaran seni budaya, kali ini KJRI Noumea memanfaatkan advertisement bus kota untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Diharapkan brand campaign Wonderful Indonesia ini dapat meningkatkan awareness masyarakat New Caledonia dan wisatawan asing, bahwa destinasi di Indonesia menarik untuk dikunjungi,” kata Konjen RI Noumea, Widyarka Ryananta.
 
General Manager Unitours, sebuah wholesaler travel biro terbesar di New Caledonia yang membawahi sebelas travel agent, Francoise Chenais menyambut gembira kegiatan promosi yang dilakukan KJRI Noumea melalui media ruang terbuka. Lebih lanjut dikatakan, “perlu dijalin kerja sama antar travel agent dan kalangan industri pariwisata, untuk menjual paket wisata ke Indonesia khusus bagi warga New Caledonia, karena selama ini belum pernah ada”.
 
Menyambut tawaran Francoise Chenais, KJRI Noumea akan melakukan kegiatan promosi pariwisata Indonesia di New Caledonia secara lebih terprogram dan bersinergi dengan para pelaku industri pariwisata. Terkait hal tersebut, pada bulan Maret 2016, KJRI Noumea akan menyelenggarakan acara temu usaha antara travel agent di New Caledonia dengan mitranya dari kalangan industri pariwisata Indonesia. Diharapkan melalui seminar tersebut dapat dijual paket wisata ke berbagai wilayah Indonesia.
 
 
Dengan jumlah penduduk 268.767 jiwa yang pendapatan per kapitanya mencapai 3.300.000 XPF (atau sekitar 27.654 Euro), setiap tahunnya hampir separuh penduduk New Caledonia selalu berwisata ke luar negeri. Australia merupakan daerah tujuan utama wisatawan New Caledonia, disusul Prancis, Selandia Baru dan Vanuatu. Sementara yang berkunjung ke Indonesia hanya sekitar 1,000 wisatawan per tahun.
 
 
Terbuka peluang untuk meningkatkan arus wisatawan New Caledonia ke Indonesia. Untuk itu, perlu dilakukan promosi secara massif yang juga melibatkan kalangan industri pariwisata tanah air. Bali masih menjadi daya tarik utama destinasi wisatawan New Caledonia, karena eksotisme budaya dan shopping dan dikenal sebagai tempat untuk melakukan relaksasi, seperti sauna dan spa. Selain itu, jadwal penerbangan dari Noumea  ke Bali cukup fleksibel karena para penumpang tidak harus menginap di Australia seperti jadwal penerbangan ke Jakarta.