Bendera Merah Putih berkibar pada Kejuaraan Rallye de Nouvelle-Calédonie

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pereli Indonesia Rifat Sungkar yang didampingi navigator Scott Beckwith asal Australia menempati podium teratas pada Asia Pacific Rally Championship (APRC) putaran ke-5 yang berlangsung di Kaledonia Baru dengan nama Rallye de Nouvelle-Calédonie. Prestasi ini diperoleh pereli yang tergabung dalam Team Pertamina Prima XP setelah melahap 19 special stage (SS) sejauh 634,87 kilometer yang start pada 26 Agustus dan finish pada 29 Agustus 2010.

Sejak awal Rifat / Scott memang difavoritkan untuk mencapai podium terutama setelah menjadi yang tercepat pada hari pertama. Media massa setempat pun memperkirakan hal serupa dan menjadikan capaian Tim Rally Indonesia pada hari pertama tersebut sebagai headline news.

Namun capaian tersebut tidak dapat dipertahankan pada lomba hari kedua dan ketiga akibat berbagai kendala. Walaupun demikian Rifat / Scott berhasil menyelesaikan lomba di posisi kedua dengan terpaut 5 menit dari pereli Australia Brendan Reeves / Smyth Rainon. Akan tetapi mengingat Brendan Reeves / Smyth Rainon tidak terdaftar sebagai APRC Registered, maka Rifat Sungkar / Scott Beckwith berhak untuk naik podium pertama pada Rallye de Nouvelle-Calédonie.

Akhirnya dihadapan puluhan anggota komunitas Indonesia di Kaledonia Baru yang selalu setia memberikan dukungan bagi Rifat/Scott serta ratusan penonton lainnya, Bendera Merah Putih dan Lagu Indonesia Raya berkibar dan berkumandang pada Rallye de Nouvelle-Calédonie sebagai penghormatan bagi Tim Rally Indonesia yang menempati podium pertama.