Sambutan Acara Perkenalan Konsul Jenderal RI, Ade Sukendar dengan Masyarakat Indonesia dan Keturunannya, Noumea, 29 Oktober 2010

10/29/2010

 

Assalamu’alaikum Wr Wb,

Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan karuniaNya kepada kita semua yang hadir pada acara malam ini.

Pada kesempatan ini, terlebih dahulu kami ingin menyampaikan apresiasi para pejabat New Caledonia kepada perhimpunan masyarakat Indonesia atas peran serta asosiasi dalam kehidupan masyarakat New Caledonia yang aktif khususnya dalam bidang-bidang kebudayaan Indonesia (Jawa dan Sunda). Dengan adanya apresiasi dari pejabat setempat ini, maka hal ini sangat membantu kami dan KJRI dalam melaksanakan tugas-tugas di wilayah akreditasi.

Dapat pula kami sampaikan adanya telepon dari Walikota Noumea, Monsiuer Jean Lequès kepada kami tadi sore sekitar pukul 16.30 yang menyampaikan duka citanya atas musibah bencana di tanah air.

Para hadirin, para sesepuh yang kami hormati,

Pada kesempatan pula marilah kita mengheningkan cipta untuk mengenang dan mendoakan para korban bencana di Mentawai dan Yogyakarta serta di Wasior untuk mendapat tempat yang terbaik di sisiNya. Begitupula kita doakan agar para keluarga dan handai taulan yang terkena musibah tersebut dapat tabah menerimanya dan dapat segera bangkit kembali.

…….mengheningkan cipta mulai.

Terima kasih.

Selanjutnya kami dengan rendah hati dan dengan segala hormat, ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perhatian, simpati dari masyarakat Indonesia dan perkumpulan masyarakat Indonesia dan keturunannya yang ada di Nouvelle Caledonie terhadap bencana yang melanda Negara Indonesia saat ini. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Esa dapat membalas amal bakti Ibu-ibu, Bapak-bapak dan hadirin sekalian.

Para hadirin, ibu-ibu, bapak-bapak, saudara-saudara dan para sesepuh, senior masyarakat Indonesia yang kami hormati,

Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas peranserta para tokoh dan berbagai elemen masyarakat Indonesia dan Keturunannya serta peranserta pihak-pihak lainnya atas jalinan dan kerjasama selama ini dengan Konsulat Jenderal RI.

Penugasan kami ke Noumea, dimaksudkan untuk melaksanakan tugas-tugas Pemerintah RI di bidang peningkatan hubungan ekonomi, perdagangan, sosial budaya, pariwisata dan tentunya adalah kepedulian dan keberpihakan kepada warga Negara Indonesia di Nouvelle Caledonie.

Oleh karena itu kami ingin sekali mengembangkan jalinan dan kerjasama KJRI dengan seluruh elemen masyarakat yang ada di Caledonia dalam bidang-bidang tersebut.  Tentunya sebagai orang baru yang ditugaskan oleh Pemerintah Pusat ke Nouvelle Caledonie dengan staff dan sarana dan prasarana yang ada ingin  berbuat lebih banyak lagi, beraktivitas yang lebih luas.

Dalam rangka itu, kami ingin banyak mendengar sekali lagi ingin mendengar dari berbagai elemen masyarakat tentang apa saja yang perlu dilakukan di masa datang misalnya dalam  bidang sosial budaya apa yang perlu  ditingkatkan. Selain demi terjaganya citra Indonesia juga diharapkan akan lebih baik lagi di dunia internasional

Sementara di bidang promosi ekonomi, perdagangan dan pariwisata, selain peranan pemerintah Nouvelle Caledonie juga peran para pengusahanya dan pelaku-pelaku lainnya yang mempunyai kepentingan yang sama dengan pemerintah Indonesia untuk lebih meningkatkan lagi hubungan dan kerjasama ekonomi tersebut.

Satu hal yang ingin kami sampaikan pula amanat dari pimpinan Kementerian Luar Pemerintah RI kepada Perwakilan RI dalam hal ini KJRI Noumea untuk melaksanakan tugas-tugasnya secara transparans, akuntabel dan menjunjung prinsip-prinsip good governance. Untuk itu kami akan bersikap terbuka terhadap berbagai masukan tentang perlunya peningkatan pelayanan KJRI.

Berkenaan dengan sosial budaya Indonesia di Novelle Caledonie, kami sedang merancang sebuah pertukaran pandangan tentang sejauh mana budaya-budaya dari berbagai etnis Indonesia ini dapat survive dan menjadi bagian dari budaya-budaya yang hidup di kalangan masyarakat Nouvelle Caledonie dan bagaimana prospek kedepannya. Untuk itu, dimohon kesediaan saudara-saudara untuk berperan secara aktif pada acara tersebut.

Ibu-ibu, bapak dan para hadirin

Pada kesempatan ini kami ingin melaporkan informasi yang kami peroleh dari Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta bahwa pada 15 Oktober 2010 yang lalu, Kemlu RI telah menyerahkan sumbangan dana yang terkumpul dari masyarakat Indonesia di luar negeri dan masyarakat luar negeri simpatisan Indonesia sebesar Rp.5,6 milyar kepada Gubernur Sumatera Barat. Selanjutnya 6 (enam) institusi pendidikan yang menerima dana bantuan tersebut adalah :

1.      Universitas Bung Hatta sebesar   Rp.   850.000.000,-

2.      Universitas Andalas sebesar         Rp.   750.000.000,-

3.      SDN 23 Aur Melintang sebesar     Rp.   787.840.000,-

4.      SDN 23 Kampung Dalam sebesar Rp.1.212.160.000,-

5.      SDN 08 Kampung Dalam sebesar Rp.   787.840.000,-

6.      SDN 29 Kampung Dalam sebesar Rp.1.212.160.000,-

Pilihan penyaluran kepada institusi pendidikan tersebut didasarkan kepada pentingnya pendidikan sebagai sentral bagi kemajuan bangsa.

Sehubungan dengan informasi tersebut, kami ingin mengucapkan banyak terima kasih atas sumbangan berbagai elemen masyarakat Nouvelle Caledonie yang dikumpulkan oleh KJRI Noumea di waktu lalu. Semoga sumbangan dan donasi ibu-ibu, bapak-bapak dan hadirin mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, amien.

Demikian sambutan kami dan terima kasih atas kesabaran hadirin mendengarkan sambutan kami.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.