SAMBUTAN KONSUL JENDERAL RI NOUMEA SEUSAI PELAKSANAAN SHOLAT IDHUL ADHA, 16 NOPEMBER 2010

11/16/2010

 

Bismillahirohmannirrohim.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Allahuakbar 3x Lailaa hail allahu wallahu akbar, allahuakbar walillahilham

Para hadirin sidang Sholat Idhul Adha yang kami muliakan

Terlebih dahulu kami ingin mengucapkan syukur alhamdulillah atas nikmat dan karunia Allah SWT kepada kita sekalian hingga dapat melaksanakan sholat Idul Adha hari ini dengan khidmat dan lancar di Aula KJRI Noumea, 16 Nopember 2010.

Marilah pula kita sampaikan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar, Muhammad SAW beserta kerabat dan umatnya hingga akhir zaman.

Kiranya khotbah yang baru saja kita dengarkan tadi sangat relevan dengan hikmah Idul Adha dan kiranya dapat terus kita jadikan pedoman perjalanan hidup kita.

Hadirin yang kami muliakan,

Pada kesempatan yang baik dan mulia hari ini, kami meyakini bahwa ibadah kita tiada lain adalah untuk meneguhkan kembali hikmah ibadah haji bagi kehidupan kita. Salah satu hikmah yang sangat prinsipil dari pelaksanaan ibadah haji adalah ukhuwah (persaudaraan).

Umat Islam yang berkumpul di Padang Arafah, Saudi Arabia datang dari berbagai penjuru dunia, dengan berbagai latar belakang status dan etnis warna kulit serta mengenakan kain ihram berwarna putih. Semuanya melebur dengan doa-doa membesarkan Asma Allah. Para jamaah haji semuanya melakukan tahapan-tahapan secara bersama-sama, saling menolong untuk kepentingan bersama, melakukan manasik secara bersama, melaksanakan sholat bersama dengan tujuan yang sama pula, Labaik Allahumma Labbaik memenuhi undangan Allah sebagai tamuNya yang paling istimewa.

Kebersamaan dalam melaksanakan ibadah haji tersebut itulah kiranya perlu kita amalkan di kehidupan kita sehari-hari. Bagi kami dan keberadaan kami ditengah-tengah saudara-saudara masyarakat Indonesia dan juga keturunannya di New Caledonia ini akan terasa indah sekiranya kita terus menjalin silaturahim, tolong menolong dalam kebaikan dan ingat mengingatkan dalam perkara-perkara yang mungkin akan menjauhkan diri kita dari keridoan Allah SWT. 

Para hadirin yang kami muliakan,

Tugas kami dalam membawa kepentingan nasional  Indonesia dan upaya KJRI untuk terus meningkatkan hubungan antara Indonesia dengan New Caledonia dibidang ekonomi, sosial budaya dan perlindungan WNI akan terlaksana dengan mudah dan lancar sekiranya para warga Negara Indonesia dan juga keturunannya senantiasa memberikan dukungan sekurang-kurangnya dukungan moril kepada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KJRI. Hal itu telah kami rasakan dan untuk itu kami sangat menghargai atas partisipasi dan dukungan tersebut khususnya dalam berbagai pementasan seni budaya oleh KJRI di beberapa kota akhir-akhir ini.

Kami juga ingin menyampaikan apresiasi kami sekali lagi atas perhatian dan doa bersama yang dipanjatkan masyarakat Indonesia dan keturunannya bagi korban Merapi dan Mentawai serta Wasior. Semoga Indonesia segera pulih dan bangkit kembali.

Tidaklah berlebihan kiranya untuk mengungkapkan bahwa persaudaraan yang terjalin diantara kami dengan masyarakat Indonesia dan keturunannya di seluruh New Caledonia telah berlangsung sangat baik. Mudah-mudahan keharmonisan ini akan terus terjaga dan meningkat di masa-masa yang akan datang.

Akhirul kalam, kami ucapkan selamat Idul Qurban, marilah terus kita agungkan asma Allah SWT.

Wabilafit taufik walhidayah, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

                                                        Noumea, 15 Nopember 2010