Tentang Pelayanan Perwakilan


Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York resmi berdiri sebagai Perwakilan Republik Indonesia di New York sejak 1949. Sebelumnya, KJRI New York menyewa kantor di Empire State Building hingga akhirnya memiliki gedung sendiri di 5 East 68th Street pada 1951.

KJRI New York melayani tiga wilayah pantai timur Amerika Serikat yaitu New England, wilayah Middle Eastern States dan wilayah South Eastern States. Termasuk dalam wilayah-wilayah tersebut terdapat 15 negara bagian yang menjadi wilayah kerja KJRI New York, yaitu Connecticut, Maine, Massachusetts, New Hampshire, Rhode Island, Vermont, Delaware, Maryland, New Jersey, New York, Pennsylvania, North Carolina, South Carolina, Virginia dan West Virginia.

Luas wilayah akreditasi KJRI New York meliputi 316.545 mil persegi atau 8,95% dari seluruh wilayah AS, dengan New York sebagai negara bagian dengan wilayah yang terbesar dan Rhode Island dengan wilayah yang terkecil. Wilayah kerja KJRI New York juga menjadi lokasi kantor pusat dari berbagai perusahaan yang berskala global termasuk pusat budaya dan ekonomi dunia. Di wilayah kerja KJRI New York terdapat berbagai universitas ternama kelas dunia (ivy league) seperti Harvard University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Columbia University, Yale University, University of Pennsylvania, Cornell University, Princeton University, Brown University, Duke University, dll.

KJRI New York memiliki tugas pokok dan fungsi memberikan pelayanan kekonsuleran dan perlindungan WNI/Badan Hukum Indonesia di seluruh wilayah kerja KJRI New York. Selain itu KJRI New York juga berperan aktif mempromosikan dan meningkatkan perdagangan dan pariwisata antara Republik Indonesia dengan Amerika Serikat serta mempromosikan citra positif Indonesia melalui diplomasi di bidang budaya dan pendidikan.