Lapor Diri

​​
​Sesuai dengan Undang-undang no.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri wajib melaporkan keberadaan, kepindahan, perubahan alamat, status izin tinggal, serta kejadian penting lainnya (seperti kelahiran, perkawinan, perceraian, maupun kematian) kepada pemerintah setempat dan/atau Perwakilan RI yang meliputi tempat tinggalnya (Ps. 4 UU no.23/2006).

Untuk itu setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri sangat diharapkan untuk melaporkan keberadaan dirinya kepada Perwakilan RI setempat apabila akan tinggal lebih dari 5 (lima) hari di negara yang dikunjungi.

WNI yang berada di negara-negara bagian wilayah kerja Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York dapat melaporkan diri ke KJRI New York. Semua informasi yang diberikan akan diperlakukan dengan rahasia dan hanya digunakan untuk keperluan kekonsuleran KJRI NY. Proses lapor diri TIDAK dikenakan biaya dan dapat diselesaikan pada hari yang sama.


Prosedur​

  1. Mengisi formulir​ dengan lengkap​ - Form Aplikasi Passport Template - NY.docx
  2. Melampirkan:
    • Paspor asli
    • Fotokopi Visa
    • Fotokopi kartu Permanent Resident / Green Card yang masih berlaku. (bagi yang tidak memilikinya, melampirkan kartu I-94 dari U.S. Immigration (INS / Homeland Security)
    • Fotokopi I-20 bagi pelajar dengan Visa F-1
    • 1 (satu) foto berwarna terbaru ukuran 2 x 2 inci dengan latar belakang putih,
    • Fotokopi bukti domisili (kartu identitas/driver license/bukti pembayaran utility/kontrak apartemen/Bank Statement. Apabila tidak memiliki salah satu bukti domisili di atas, maka mengisi Formulir Surat Pernyataan
  3. Proses Lapor Diri di KJRI New York TIDAK DIKENAKAN BIAYA dan dapat diselesaikan pada hari yang sama

Informasi Penting

Proses pendaftaran diri dapat dilakukan melalui pos dengan melampirkan amplop balasan dengan nama dan alamat lengkap tujuan pengiriman serta dibubuhi perangko (tercatat/registered) dan dikirimkan ke alamat sebagai berikut:


INDONESIAN CONSULATE GENERAL
CONSULAR SECTION
5 East 68th Street
New York, NY 10065


Setelah berkas pendaftaran diri diterima — baik diserahkan langsung ke Loket Konsuler maupun via pos — kami akan segera memproses pendaftaran diri Anda pada hari yang sama. Aplikasi melalui pos akan dikirimkan kembali kepada Anda pada hari yang sama atau keesokan harinya.