PERPANJANGAN PASPOR DINAS/DIPLOMATIK

6/24/2015

 

?PEMBERITAHUAN PENGGANTIAN PASPOR DINAS

 

Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa Indonesia tugas belajar pemegang paspor dinas bahwa sesuai dengan peraturan International Civil Aviation Organization (ICAO), Chicago Convention Annex 9, standard 3.10.1 bahwa mulai tanggal 24 November 2015 seluruh paspor yang beredar harus sesuai dengan ketentuan ICAO, yaitu paspor Machine Readable Travel Documents (MRTD).

Mulai tanggal 24 November 2015, paspor non-MRTD dan paspor desain lama dengan perpanjangan menggunakan stempel basah tidak akan diakui di semua tempat pemeriksaan imigrasi.

Terkait hal tersebut, bagi mahasiswa Indonesia tugas belajar pemegang paspor dinas yang buku paspornya akan segera habis masa berlakunya dalam tahun 2015-2016 dan akan kembali ke Indonesia setelah atau pada tanggal 24 November 2015, maka KJRI New York akan memfasilitasi penggantian buku paspor dinas dimaksud yang akan dilakukan di Direktorat Konsuler Kementerian Luar Negeri RI.

Adapun persyaratan yang diperlukan yaitu:

  1. mengisi formulir (download disini)
  2. fotokopi paspor lama
  3. softcopy pas foto terbaru ukuran 4x6 latar belakang putih dengan pakaian PSL lengkap
  4. Surat Tugas Belajar/Persetujuan yang dikeluarkan Sekretariat Negara tentang masa tugas belajar bagi yang bersangkutan
  5. Fotokopi visa
  6. Berkas paling lambat diserahkan ke KJRI New York tanggal 05 Juli 2015 melalui email consular@indonesianewyork.org dengan menuliskan judul pada email Penggantian Paspor Dinas.
Catatan:
Mengingat banyaknya permohonan penggantian paspor dinas tersebut, diperkirakan proses penggantian akan memakan waktu satu bulan sejak berkas lengkap dikirimkan oleh KJRI New York. Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut mengenai hal ini, silahkan menghubungi Fungsi Konsuler KJRI New York melalui:
Telp: +1(212)879-0600