Menggalang Kerjasama dengan Universitas: KJRI New York dengan Fletcher School of Law and Diplomacy

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pengembangan jejaring dengan kalangan akademisi merupakah salah satu upaya penting dalam menyebarkan informasi mengenai kemajuan demokrasi dan perkembangan ekonomi Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, kesempatan untuk melangsungkan kerjasama dengan Universitas, baik dalam memfasilitasi pertemuan dengan Akademisi dan Alumni dapat dilangsungkan untuk mendukung upaya dimaksud.

 

Sejalan dengan itu, pada hari Selasa 3 November 2009, Konsulat Jendral Republik Indonesia New York bekerja sama dengan Global Masters of Arts Program (GMAP), Fletcher School of Law and Diplomacy, Tufts University telah menyelenggarakan pertemuan antara para akademisi, alumni, dan kandidat dari Program Global Masters of Arts (GMAP). Acara yang dihadiri oleh 30 peserta dengan berbagai latar belakang seperti akademisi, praktisi bisnis, korps diplomatic dan aparat pemerintah di Amerika Serikat (AS) juga turut dihadiri para akademisi Indonesia yang tengah mengajar di berbagai Universitas di AS

Acara dibuka dengan sambutan Konsul Jendral Republik Indonesia (Konjen RI) di New York, Ibu Tri Edi Mulyani. Dalam kesempatan itu, Konjen RI menyambut baik kerjasama yang telah berlangsung dengan GMAP Fletcher School, diantaranya dengan pemberian beberapa beasiswa kepada para Diplomat Indonesia. Konjen RI menerjemahkan upaya kerjasama ini sebagai salah satu bagian dari pengembangan strategic partnership yang tengah dirintis oleh Indonesia dan Amerika Serikat. Konjen RI menyatakan harapannya untuk meningkatkan kerjasama antara Departemen Luar Negeri (Deplu) RI dan Fletcher School, diantaranya dengan mengundang para profesor Fletcher guna mengajar di Pusdiklat Deplu.

Usai sambutan Konjen RI, acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi program GMAP yang diberikan oleh Nicole Sass, Assistant Director for Admissions and Marketing. GMAP merupakan suatu program yang dirancang bagi mid-career professional yang berminat untuk mengambil graduate degree sambil bekerja. Siswa dari berbagai penjuru dunia dapat mengikuti program intensif tersebut dengan metode long-distance learning, yaitu pemanfaatan teknologi internet dan voice over internet protocol (VoIP).

Fletcher School adalah sekolah pertama dan tertua yang mengajarkan jurusan Hubungan Internasional di Amerika Serikat, dan menempati urutan keempat dalam kategori sekolah terbaik untuk jurusan Hubungan Internasional di seluruh dunia versi Foreign Policy Journal, setelah Georgetown University, John Hopkins SAIS, dan Harvard University.