Mengenal Diaspora Lebih Jauh

Diaspora merupakan salah satu kekuatan ekonomi dan diplomasi namun disayangkan konsep Diaspora belum cukup dikenal di antara masyarakat Indonesia di luar negeri khususnya New York. Memandang potensi dan kekuatan diaspora tersebut, pemerintah Indonesia sejak tahun 2012 mendorong terbentuknya sebuah wadah persatuan diaspora di berbagai negara termasuk di wilayah kerja New York yang mencakup 15 negara bagian di Pantai Timur.

DIASPORA

Pada Sabtu 5 Desember 2015, KJRI New York bekerjasama dengan Indonesia Diaspora Network (IDN) Tri State menyelenggarakan seminar dwi kewarganegaraan sekaligus bedah buku “Diaspora”. Pada acara tersebut dipaparkan mengenai pemahaman lebih jauh tentang Diaspora dan informasi mengenai proses pembentukan undang-undang Dwi Kewarganegaraan. Dijelaskan juga mengenai kartu Diaspora dari pemerintah Indonesia.

Konsul Pensosbud dalam kapasitas Acting Konjen RI menyampaikan dukungan KJRI terhadap acara tersebut serta menekankan perlunya diaspora mengharumkan dan menjaga nama Indonesia di Luar Negeri. Acara ditutup dengan demo masak sekaligus mencicipi Nasi Bakar yang disuguhkan oleh Charlie Siswanto, seorang diaspora muda yang akan mendirikan sebuah restoran Indonesia bernama Rempah di Manhattan. (Sumber: KJRI New York)