Kerinduan Masyarakat Indonesia di North dan South Carolina Akan Tanah Air

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Udara yang hangat dan lingkungan yang bersahabat serta hijaunya negara bagian North dan South Carolina membuat masyarakat Indonesia yang walaupun telah cukup lama (10 tahun atau lebih) tetap merindukan tanah air tercinta. Hal ini terlihat ketika KJRI New York melakukan kunjungan kerja dalam rangka pelayanan kekonsuleran dan temu warga di Charlotte, NC, Sabtu Siang (15/5).  Kegiatan ini sebagai upaya pro aktif Fungsi Konsuler KJRI New York dalam rangka melayani WNI di wilayah kerja.

Respon dan kedatangan msyarakat Indonesia berduyun-duyun memenuhi ruangan pertemuan dan berbagai pertanyaan yang cukup antusias memperlihatkan bahwa betapa besarnya kepedulian mereka akan informasi dan perkembangan Indonesia terkini walaupun di negeri orang demi masa depan yang lebih baik.

Kekuatiran tinggal di suatu negara adidaya seperti Amerika Serikat tanpa indentias yang jelas membuat kehidupan mereka menjadi kurang nyaman dan aman, sehingga sebagian besar mereka ada yang menikah dengan penduduk setempat atau berusaha mencari sponsorship untuk mendapatkan kartu hijau (green card – permanent resident).

Dengan keberadaan mereka yang tidak berdekatan secara lokasi dan kesibukan sehari-hari yang cukup menyita waktu membuat mereka jarang bertemu satu sama lainnya, sehingga kunjungan KJRI New York untuk membuka warung konsuler dengan tetap berpegang kepada pendekatan pelayanan prima yaitu cepat, aman, ramah, bebas pungutan liar, dan bertanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku, dengan semangat kepedulian dan keberpihan kepada WNI tanpa memandang status keimigrasian mereka di Amerika Serikat menjadikan ajang pertemuan tersebut mempersatukan mereka.

Pada kesempatan tersebut, Konjen RI New York meminta agar masyarakat Indonesia tetap mempertahankan kerukunan di antara sesama warga Indonesia yang terdiri dari berbagai latar belakang agama, suku dan kepentingan. “Tetaplah saling membantu antar sesama warga Indonesia, jangan sampai terkotak-kotak atau ada yang merasa lebih eksklusif dibandingkan yang lainnya. Niat baik dan kebersamaan serta harmonisasi, haruslah tetap dipelihara”.
 
Selanjutnya, pada acara warung konsuler tersebut, Konjen RI New York menyampaikan pula bahwa acara Warung Konsuler kali ini, merupakan kesempatan yang terakhir karena akan segera mengakhiri tugas sebagai Konjen RI New York dan kembali ke tanah air tercinta, Indonesia. Sehubungan dengan hal itu, Konjen RI New York mengucapkan terima kasih atas kerja sama, bantuan, dan saling pengertian yang telah terjalin selama ini serta mohon pamit.
 
Kegiatan warung konsuler kali ini menjadi lebih meriah karena pada kesempatan tersebut hadir pula perwakilan dari Bank Indonesia, BNI 46, dan BRI New York yang memberikan paparan mengenai fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral, dan sedangkan dari BNI 46 menjelaskan cara-cara pengiriman uang melalui BNI (BNI SMART REMITTANCE) serta dari BRI menjelaskan pula peran serta BRI dalam menggerakan roda perekonomian di pedesaan yang masing-masing disampaikan oleh Kepala Perwakilannya.
 
Pada kesempatan kunjungan ini pula, Konjen RI New York meninjau usaha WNI berupa Resto di sebuah tempat yang representatif  di SouthPark Charlotte, North Carolina yang mengambarkan keberhasilan dari perjuangan yang cukup panjang (sejak 1995).  (Sumber: KJRI NY)