Kepedulian Kepada Korban Gempa di Haiti dan Chile sekaligus Promosi Seni Budaya Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Usia sekolah sering dikatakan "golden age" untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan, kepedulian dan juga pengetahuan.  Kegiatan International Fair yang diadakan oleh Scarsdale Public School New York pada Rabu (21/4) dan Minggu (25/4), menjadi ajang untuk melatih kepedulian siswa-siswi dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas terhadap korban gempa bumi di Haiti dan Chile beberapa waktu yang lalu. Dalam acara yang dihadiri lebih dari 1000 orang tersebut KJRI New York telah mengambil bagian untuk sekaligus juga mempromosikan dan mengenalkan Indonesia sejak dini kepada siswa-siswi sekolah.

 

Acara yang berlangsung sejak pukul 12.00 hingga 16.00 ini tidak hanya melibatkan siswa dan para guru namun juga orang tua murid dan masyarakat setempat. International Fair telah diikuti kurang lebih 25 booth dari berbagai negara dan berlangsung meriah di tengah cuaca dingin dan hujan yang mengunjungi New York sejak pagi dini hari. Selain turut menggalang dana bagi korban gempa melalui bazar makanan, diadakan pula ”Pojok Indonesia” sebagai kegiatan promosi dengan memutar video Indonesia dan menampilkan berbagai brosur mengenai Indonesia serta pembagian DVD.

 

Booth Indonesia selain menjual makanan Indonesia, seperti mi goreng dan sate ayam serta lontong yang banyak diminati pengunjung, juga diselenggarakan food tasting makanan dan minuman ringan Indonesia, seperti lemper, pastel, aneka kerupuk, kacang dan teh kotak.

 

Booth Indonesia juga mendapat bantuan dari dua orang siswa Scarsdale yang berparade keliling area pameran dengan membawa bendera Indonesia sambil mengenakan pakaian tradisional Indonesia dan ikat kepala khas Bali. Para pengunjung yang mampir ke booth Indonesia pada umumnya merasa antusias untuk mengetahui lebih banyak tentang Indonesia termasuk mencicipi berbagai makanan yang disediakan. Dvd Indonesia yang dibagikan juga dinilai bermanfaat karena dapat dijadikan bahan presentasi para siswa pada saat mereka mendapat tugas sekolah.

 

Seluruh hasil penjualan makanan ini disumbangkan untuk korban gempa bumi di Haiti dan Chile yang diorganisir pihak sekolah. Aksi sosial serupa pernah diadakan juga oleh Scarsdale Interdependence Committee  untuk memberikan bantuan bagi korban gempa di Padang dan Aceh beberapa waktu lalu. (Sumber: KJRI New York).