Keindahan Seni Budaya Jawa ”Music and Dance of Java” Ditampilkan di New York City

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Gemuruh tepuk tangan panjang penonton mengakhiri pentas tahunan “Music and Dance of Java” persembahan grup Gamelan Kusuma Laras binaan KJRI New York yang digelar selama dua hari berturut-turut, Sabtu malam (15/5) dan Minggu malam (16/5) di Ruang Pancasila, KJRI New York.

 

Pentas yang merupakan salah satu upaya promosi budaya Indonesia di New York dipimpin oleh Bapak I.M. Harjito sebagai Artistic Director dan didukung 35 orang pemain yang sebagian besar merupakan warga AS setempat, termasuk sinden utamanya yang bersuara merdu Ms. Jessica Kenney.       


Selama dua hari pertunjukan yang dihadiri sekitar 250 penonton tersebut ditampilkan sejumlah komposisi menawan, antara lain
Ketawang Mijil Wigaringtyas, Gendhing Mongkok Dhelik, Ketawang Gambuh, Gendhing Bedhayan: Ketawang Gendhing dan Gendhing Gambirsawit.  Menutup pertunjukan berdurasi 2 jam ditampilkan Tari Klono, tarian yang menokohkan karakter pria gagah, yang dibawakan dengan sangat apik oleh Anang Totok Dwiantoro seorang alumni STSI Solo yang kini berdomisili di Washington DC. Didemonstrasikan juga karakteristik bunyi dari setiap perangkat gamelan yang dimainkan, seperti gong-siyem-kempul, kenong, bedhug, peking-saron-demung, slenthem, bonang, gender, gambang, celumpung, kendhang, suling, dan rebab.    


Kehadiran ratusan penikmat gamelan di setiap pertunjukan memberi pertanda bahwa Kelompok Gamelan Kusuma Laras KJRI New York selain telah memiliki banyak penggemar setia juga memiliki penggemar baru yang terus bertambah. Antusiasme dalam menikmati komposisi demi komposisi yang disajikan tampak dari banyaknya penonton yang meninggalkan kursinya untuk mengambil tempat di lantai dekat dengan para pemain gamelan dan semaraknya tepuk tangan yang diberikan usai pergelaran berlangsung. 

 

Gamelan Kusuma Laras KJRI New York yang berdiri sejak tahun 1983 saat ini beranggotakan Anne Stebinger (co-Director dan co-Founder), Jon Rea (co-Director), Glenn Yosef Baun-Cueto, Nick Colvin, Zasha Emilka, Stuart Frankel, Barry Frier, Marvin Goldman, David Haiman, Denni Harjito, Uci Haryono, Ron Kienhuis, Robin Kimball, Lutfi Kurniawan, Karl Lorenzen, Bleakley Mc Dowell, Debie Morris, Daniel Owen, Lisa Pakulski, Carla Scheele, Eva Peck, Leslie Rudden, Dave Ruder, Yenny Sakirman, Amy Scott, Tatung Suharjono, Sri Suharti, Bambang Sunarno, George Taylor, Safiah Satiman Taylor, Carole Weber, Dylan Widjiono, dan Hanny Zainuddin. 


Upaya promosi Indonesia melalui aktivitas kesenian yang dilakukan oleh kelompok Gamelan Jawa Kusuma Laras KJRI New York diharapkan dapat membantu memajukan kebudayaan asli Indonesia di luar negeri dan meningkatkan kesadaran bangsa Indonesia sendiri untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya negeri sendiri (Sumber: KJRI New York).